Tingkatkan Tren Positif Disiplin Berlalu Lintas : Satlantas Polres Trenggalek Terapkan Sidang di Tempat

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek, Berbagai langkah telah dilakukan oleh Satuanlalulintas Polres Trenggalek dalam meminimalisir angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. Dari pola preemtif melalui sosialisasi dan edukasi, upaya preventif semisal penjagaan dan patroli hingga tindakan represif berupa tilang. Kesemuanya dijalankan demi terciptanya Kamseltibcarlantas yang mantap.

Guna memberikan edukasi sekaligus meningkatkan disiplin dan tertib berlalulintas, Satlantas Polres Trenggalek bekerjasama dengan instansi terkait menggelar operasi gabungan dan sidang di tempat yang berlokasi di jalan raya Durenan Trenggalek, Selasa (19/09).

Sedikitnya puluhan petugas dari Satlantas, Pom TNI dan Dishub terlibat dalam operasi yang dipimpin oleh Kapolsek Durenan AKP M. Solichin, SH bersama Kanit Patroli Satlantas Iptu Zainudin. Sedangkan mekanisme sidang di tempat juga menghadirkan personel Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Trenggalek.

“Jadi bagi mereka yang kedapatan melanggar lalu lintas, baik pribadi maupun angkutan umum langsung ditilang dan sidang di tempat” jelas Iptu Zainudin.

Operasi kendaraan bermotor yang dilaksanakan selama hampir tiga jam tersebut menjaring sedikitnya 44 pelanggar yang didominasi oleh pelanggaran Sim dan surat-surat kendaraan.

Sementara Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K. menuturkan operasi gabungan semacam ini rutin digelar di Kabupaten Trenggalek. Selain sebagai media pembelajaran bagi masyarakat pengguna jalan, juga sebagai wujud transparansi dan keterbukaan tentang proses tilang hingga persidangan.

“Semua terbuka. Masyarakat bisa ikut menyaksikan bagaimana proses tilang sampai persidangan. Dan ini lebih efektif karena dilaksanakan di satu tempat dan waktu yang sama” tegas AKP Ricky.

Lebih lanjut, AKP Ricky menambahkan ada perkembangan positif dimana tren disiplin dan tertib lalulintas di Kabupaten Trenggalek mengalami peningkatan cukup signifikan. Hal tersebut tak lepas dari kerja keras dan dedikasi anggotanya serta peran serta masyarakat secara luas yang dengan penuh kesadaran menaati peraturan lalulintas.

“Polisi tidak bisa bekerja sendiri. Peran masyarakat juga diperlukan. Semua harus berangkat dari kesadaran diri masing-masing untuk menaati peraturan lalu lintas. Bukan tertib karena ada polisi. Mari bersama-sama menjadi pelopor keselamatan berlalulintas. Bersatu, keselamatan nomor satu” pungkasnya.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nur
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password