Resmikan Lapangan Tembak Jananuraga, Kapolda Sulsel Lakukan Tembakan Perdana dengan Posisi Nungging

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Guna mendukung program Kapolri dan mengingat tugas-tugas Kepolisian yang semakin kompleks, Kapolda Sulsel Irjen Pol.Drs. Muktiono S.H., M.H. meresmikan lapangan tembak Pallawa Polda Sulsel “Jananuraga”, Selasa (19/9/17).

Lapangan tembak yang seluas 1200 meter persegi ini terletak persis dibelakang kantor Mapolda Sulsel.Dalam proses pembuatannya, lapangan tembak yang dikerja sejak bulan juni lalu sangatlah menunjang tugas Polri khususnya di Sulsel.

Peresmian lapangan tembak Pallawa Polda Sulsel Jananuraga dihadiri pejabat utama Polda Sulsel yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, selanjutnya dibuka dengan tembakan perdana oleh Kapolda Sulsel yang cukup atraktif melalui posisi nungging.

Kapolda Sulsel berharap dengan adanya Lapangan tembak Pallawa Polda Sulsel Jananuraga, seluruh personel mahir dalam menggunakan senjata api karena senjata sangat berbahaya jika tidak digunakan sesuai protap (Prosedur tetap).

“Fasilitas ini sepenuhnya untuk kembangkan kemampuan personil dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat,” ujar Muktiono.

Dibandingkan dengan cabang olahraga lain, olahraga menembak merupakan cabang olahraga yang memerlukan kesinambungan kerja  antara aksi dan reaksi dengan baik.

Dengan demikian, setiap anggota Polri yang berlatih harus memiliki ketenangan, ketahanan dan pengontrolan diri. Melalui olahraga menembak seseorang dilatih dan dituntut untuk dapat berkonsentrasi tinggi, mampu mengendalikan diri dan berani mengambil keputusan secara cepat dan tepat.

Karena itu dibutuhkan disiplin terhadap diri sendiri, dengan latihan yang maksimal dan terus belajar mengasah keterampilan dengan pelatih, serta selalu berusaha mencapai target yang ditetapkan dalam setiap latihan.

Selain melatih ketermpilan anggota, olahraga menembak juga dapat menjaga kebugaran tubuh, menyehatkan jasmani dan rohani bagi yang menjalankannya.

Selain itu, manfaat lain yang bisa dipetik dengan menekuni olahraga menembak banyak sekali. Antara lain:

  1. Dapat melatih konsentrasi, ketepatan, dan kecepatan karena menembak membutuhkan konsentrasi dalam mencari sasaran tembakan untuk mencapai hasil maksimal. Ketepatan sasaran dalam menembak harus dimengerti benar. Kecepatan dibutuhkan dalam mengatur waktu yang telah ditentukan dalam setiap melakukan penembakan.
  2. Dengan menembak melatih mental dan keberanian untuk dapat mengambil keputusan dengan cepat.
  3. Dapat mengontrol diri atau melatih kesabaran.
  4. Dapat menjadi sarana untuk melepas kepenatan dari berbagai aktivitas keseharian.

Untuk melatih bibit-bibit atlet yang akan mengharumkan nama bangsa di kancah mancanegara dalam cabang olahraga menembak.

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password