Kemarau Tinggi Akibatkan Hutan di Lereng Gunung Ijen Terbakar, Polisi Bantu Padamkan

Tribratanews.polri.go.id-Polda Jawa Timur, Kebakaran lahan kembali terjadi di lereng Gunung Ijen Bondowoso, Jawa Timur. Kali ini kebakaran melalap areal perkebunan milik PTPN XII Blawan, Kecamatan Ijen Bondowoso.

Kapolsek Ijen, AKP Hadi Siswoyo menuturkan, kebakaran mulai terlihat sejak pukul 11.00 siang tadi. Namun hingga kini, kebakaran masih belum berhasil dipadamkan karena sulitnya lokasi yang harus ditempuh.

“Kebakaran lahan di pinggir lereng gunung, asalnya dari batu dan alang – alang. Lokasinya di perkebunan milik PTPN XII Blawan,” kata AKP Hadi Siswoyo, Senin (18/7/2017) petang.

Dikatakan Hadi, saat ini aparat Kepolisian bersama Personel Perhutani, PTPN XII dan anggota TNI sedang berupaya memadamkan api dengan membuat ilaran. Ini dimaksudkan agar api tidak menjalar lebih jauh dan mengarah ke pemukiman warga.

“Kita sudah upayakan pemadaman dengan membuat sekat, lokasinya memang jauh dari pemukiman tapi kalau tidak diantisipasi nanti menjalar semakin jauh,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Bencana BPBD Bondowoso, Winarto mengatakan, tingkat kerawanan kebakaran hutan dan lahan memang meningkat di musim kemarau. Ada sejumlah wilayah yang tingkat kewarawanannya akan bencana kebarakan cukup tinggi yakni kawasan hutan Kecamatan Ijen.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, mengingatkan masyarakat agar waspada pada kemungkinan bencana kebakaran yang potensinya meningkat saat angin kencang terus terjadi.

Penulis : Herry

Editor   : Alfian

Publish : Herry

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password