Kapolres Balangan : Panitia Pemilihan Kades Harus Netral, Ada Curang Berurusan dengan Polisi

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Dalam waktu dekat kabupaten Balangan akan disibukkan dengan Pemilihan Kepala desa diseluruh wilayah Balangan, dalam kegiatan hari ini tentang sosialisasi pemantapan tugas dan fungsi panitia pemilihan kepala desa, Senin (18/9), Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, S.iK memberikan pengetahuan kepada peserta yang hadir.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bapak Urai, Perwakilan Kementerian Dalam Negeri ibu Yayuk yang memahami peraturan tentang pemilihan kepala desa serta Kabid Pemerintahan desa ibu Ernawati.

Dari data yang didapat oleh Polres Balangan, ditemukan salah satu calon kepala desa yaitu desa Kandang Jaya telah digugurkan, ini semua dapat menjadi residu sehingga perlu ditanggapi dengan serius untuk kelancaran pemilihan kepala desa nantinya.

IMG_1752

Inti permasalahan tersebut atas kurangnya Kelengkapan salah satu calon kepala desa yaitu tidak dapat menunujukan ijasah yangterlegalisir sehingga calon digugurkan, semua unsur pemerintahan tingkat kecamatan.

“Semua harus netral, jangan ada turut campur pemerintahan kecamatan, apabila ada nanti berurusan dengan Polisi, ” tegas Kapolres AKBP Moh. Zamroni, S.iK.

Pemilihan kepala desa ini merupakan awal atau acuan sebagai pemilihan umum tahun 2019 nantinya, disebutkan dalam pemilihan kepala desa ini ada 29 desa yang akan melaksanakan pemilihan.

Polisi dalam hal ini menjaga jangan sampai ada intimidasi, sabotase, money politik, penganiayaan, pengancaman, pengerahan massa dan pengrusakan.

“Panitia harus independent, Kalau semua tidak clear and clean nanti muaranya ke Polisi, ” ungkap kapolres.

“Panitia diharapkan terus koordinasikan apabila ada kerawanan dan kendala kepada kepolisian untuk dapat dimapping dalam antisipasi kerawanan itu sendiri, ” tambahnya.

Penulis : Lois Adi

Editor   : Alfian

Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password