Ratusan Personil Polwan Polda Sulut Jalani Tes Urine, ini Hasilnya!

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Usai menggelar upacara HUT Polwan ke-69 di Mapolda Sulut, Senin (18/9/2017) pagi, jajaran Polwan Polda Sulut melaksanakan kegiatan Penegakkan Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktiblin) di halaman depan Mapolda.

Adapun kegiatan dilakukan dengan menggelar pemeriksaan oleh Provost Polda, mulai dari sikap tampang, pemakaian seragam polisi (Gampol) sesuai dengan fungsi kesatuan masing-masing, pemeriksaan kartu identitas diri hingga pemeriksaan narkoba melalui tes urine.

Ratusan personil Polwan Polda Sulut termasuk Polwan jajaran Polresta ikut dalam pemeriksaan yang diawasi langsung oleh para senior Polwan dan Kasubdit Provost Polda Sulut AKBP Jeferson Palit.

“Memasuki usianya yang ke-69 ini, Polwan diharapkan semakin professional, modern dan terpercaya, dalam melaksanan tugas dan peran,” ujar Kepala SPN Polda Sulut Kombes Pol Henny Posumah selaku Senior Polda Sulut.

Menurutnya Polwan jangan hanya sebagai penghias dan pelengkap, tapi Polwan juga punya kiprah yang dapat mengharumkan institusi Polri.

Sementara itu menurut Pakor Polwan Polda Sulut AKBP Meity Wongkar, terhadap anggotanya yang melanggar aturan dan etika sosial, Pengurus tak segan-segan akan mengambil tindakan tegas. “Pertama akan dilakukan teguran secara humanis, jika tidak diindahkan maka kita akan mengambil tindakan disiplin secara tegas sesuai aturan di Polri,” tegas Wadir Binmas Polda sulut ini.

polda - pemeriksan polda

Pemeriksaan urine ini juga katanya merupakan kegiatan berkala yang wajib diikuti oleh personil Polwan. “Kita yakin Polwan Polda Sulut tidak ada yang mengkonsumsi obat-obat terlarang,” ujarnya.

Hingga usai pelaksanan tes urine yang dilaksanakan oleh personil Bid Dokkes dan Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Manado ini, tidak ditemukan adanya Polwan di Polda Sulut yang terindikasi memakai obat terlarang. “Semuanya negatif,” ujar Kasubdit Provost yang mengawasi langsung jalannya pemeriksaan.

Kegiatan Gaktiblin tersebut merupakan salah satu agenda dalam rangka HUT Polwan ke-69 di jajaran Sulawesi Utara. Menurut Ketua Panitia HUT Polwan ke-69 AKBP dr. Venny Mantiri, ada beberapa kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan. “Diantaranya lomba public speaking Polwan, Polwan Go to School kurang lebih 30 sekolah yang dikunjungi, anjangsana, donor darah, upacara, gaktiblin, olah raga bersama dan nanti akan dilakukan syukuran bersama,” jelasnya.

Dalam HUT Polwan kali ini, tema yang diangkat yaitu Polwan profesional, modern dan terpercaya demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Untuk mencapai itu, Polwan harus bisa mengembangkan diri. Setiap kesempatan itu diambil, kalau masih bisa sekolah, mari bersekolah,” kata Ibu Dokter yang bertugas di Bidang Dokkes Polda Sulut ini.

Senada dengan hal tersebut, Kepala SPN Polda Sulut menilai Polwan asal Sulawesi Utara memiliki potensi dan kemampuan seperti itu bahkan bisa menduduki jabatan strategis. “Tinggal bagaimana Polwan di Sulawesi Utara itu mengembangkan potensi yang ada. Polwan-Polwan asal Sulawesi utara cukup memberikan warna bagi karir di institusi Polri, sejarah pertama Jenderal bintang satu polwan itu berasal dari Sulawesi utara yaitu Brigjen Jeane Mandagi. Tinggal kita mengembangkan potensi yang ada, memaksimalkan kualitas diri, pengetahuan, wawasan, keterampilan dan sikap pribadi,” tandasnya.

Penulis: Supri
Editor: Alfian
Publish: Roni

Save

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password