Apel Pertama Kapolda Sulbar, Ini Penyampainnya Kepada Seluruh Personil

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Puluhan Santri Pesantren Hidayatullah Kab. Polman dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Mahasiswa IAI Kab. Polman Menggelar Aksi Damai Peduli Rohingya di Perempatan Lampu merah depan Lapangan Pancasila dan Kantor DPRD Kabupaten Polman. Jum’at(15/09/17) pukul 13.30 wita.

Aksi penggalangan Dana tersebut dilaksanakan dengan cara meminta sumbangan kepada para penguna Jalan dengan dilengkapi Atribut berupa Spanduk 1 x 3 Meter bertuliskan ” Help Rohingnya Now Solidarity-Sinergy-Humanity, Solidaritas Kemanusiaan Peduli Rohingnya dan No Rekening bagi Sumbansi yang ingin melakukan secara Via Transfer. Poster Ukuran 1 x 1 Meter , 1 Unit Toa ,1 Unit Sound Sistem, dan beberapa Kotak Amal yang terbuat dari Kardus.

Selanjutnya sekitar pukul 14.40 wita aksi tersebut dilanjutkan ke Kantor DPRD Kab. Polman dengan Long March (Berjalan Kaki) kemudian melakukan Orasi didepan Kantor DPRD Kab. Polman dengan menggunakan alat pengeras suara berupa Toa dan Spanduk bertulislan STOP PEMBANTAIAN MUSLIM ROHINGNYA. Setelah melakulan Orasi para Pemuda Aliansi Peduli Rohingnya Kab. Polman dipersilahkan memasuki Ruang Aspirasi DPRD Kab. Polman dan diterima langsung oleh Wakil Ketua I DPRD Kab. Polman Busman M Yunus didampingi Wakil Ketua II Amiruddin, SH serta 2 Anggota DPRD Kab. Polman Fraksi PAN.

Adapun Tuntutan Aliansi Peduli Rohingnya Kab. Polman yaitu  Mengecam segala bentuk kekerasan yang terjadi terhadap Masyarakat Rohingnya, sesuai dengan Pembukaan UUD 1945, Mengutuk atas nama Kemanusiaan terhadap Genosida yang terjadi di Rohingnya, Karena Genosida merupakan Satu dari Empat Pelanggaran HAM berat yang berada dalam Yuridiksi International Criminal Court selain kejahatan terhadap Kemanusiaan, Kejahatan Peran, dan Kejahatan Agresi, Menuntut PBB berperang Aktif, mengambil langkah-langkah Kongkrit dan memberikan Kontribusi real sebagai upaya menghentikan Krisis Kemanusiaan yang melanggar HAM, Mendesak pemerintah Myanmar segera mencabut pembatasan pergerakan dan kewarganegaraan untuk Minoritas Muslim Rohingnya yang Teraniaya, Mengajak seluruh Masyarakat Indonesia khusunya Wilayah Kab. Polman untuk berimpati Serta memanjatkan doa terbaik untuk saudara kita yang sedang berjuang di Rohingnya.

Tanggapan Anggota DPRD Kab. Polman yaitu sebagai berikut, Awal bergulirnya permasalahan yg terjadi terhadap Muslim Rohingnya, Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri telah melakukan langkah Diplomasi yakni menjalin komunikasi dengan Pemerintah Myanmar agar menemukan solusi terhadap permasalahan tersebut. Salah Satu dari hasil pertemuan itulah sehingga saat ini pemerintah Indonesia dapat menyalurkan bantuan kepada Muslim Rohingnya yang beberapa hari lalu dilepas langsung oleh Presiden RI Jojo Widodo.

DPRD Polman juga turut prihatin akan kejadian tersebut sehingga beberapa Fraksi DPRD Kab. Polman salah satunya Fraksi PKB melalui Instruksi dari Pusat agar menyumbangkan 1 bulan Gajinya untuk membantu Muslim Rohingnya.

Penulis  : Syamsul Bahri

Editor    : Umi  Fadilah

Publish  : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password