Polda Minta Pemkot Palu Menindak Pengecer Elpiji

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – (15/9/17) Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah menyarankan kepada Pemerintah Kota Palu agar menindak tegas pedagang eceran yang menjual elpiji bersubsidi 3kg karena hal itu melanggar ketentuan yang ditetapkan.

“Kami menghimbau kepada Pemerintah Kota Palu untuk melakukan penindakan, pengawasan peruntukan dan penjualan elpiji 3kg,” kata Kasubdit I Bidang Industri dan Perdagangan Ditreskrimsus Polda Sulteng AKBP Teddy D Salawati di Palu, Kamis (14/9/17).

Teddy mengatakan pedagang eceran tidak dibenarkan menjual atau memperdagangkan elpiji berbagai jenis termasuk elpiji 3kg.

“Kios-kios atau pedagang eceran tidak boleh menjual atau memperdagangkan elpiji 3kg. Apa dasar mereka menjual, adakah aturan yang membolehkan pedagang eceran atau kios-kios menjual elpiji,” kata Teddy Salawati.

Ia menegaskan bahwa pemerintah telah menyusun skema distribusi elpiji yaitu dari Pertamina, kemudian ke agen dan pangkalan.

“Skema alur distribusi elipiji telah dibangun oleh pemerintah, tidak ada kios atau pedagang eceran dalam skema tersebut,” sebutnya.

Dia menilai salah satu faktor penyebab terjadinya kelangkaan elpiji yaitu adanya penumpukan elpiji pada pedagang eceran atau kios-kios.

Faktor lain, urai dia, yaitu adanya pelaku usaha menengah ke atas yang menggunakan elpiji 3kg, padahal usaha menengah ke atas tidak boleh menggunakan elpiji 3kg.

“Pemkot Palu memiliki Dinas Perizinan, Pol-PP, Perindagkop. Nah mereka inilah yang berhak untuk melakukan pengawasan penjualan dan peredaran elpiji 3kg di masyarakat,” terangnya.

Penulis      : Tim
Editor        : Umi Fadilah
Publish      : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password