Komunitas Info Cegatan Jogja (ICJ) Peringati Ulang Tahunnya ke-4

tribratanews.polri.go.id -Jogja, Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si. menghadiri perayaan ulang tahun “Info Cegatan Jogja” ke-4 yang digelar di Gedung Kesenian Sleman. Hadir pula Bupati Sleman Ir. H. Sri Purnomo, M.Si. dan Kadiskominfo DIY Ir. Roni Primanto Hari, MT., Sabtu (16/9/2017).

ICJ adalah sebuah komunitas grup facebook yang beranggotakan 600.000 lebih. Di grup ini beredar informasi terkait keseharian permasalahan masyarakat di Jogja dan juga sekitarnya. Seperti peristiwa kebakaran, usulan peningkatan pelayanan publik, info tilangan kendaraan bermotor, permintaan bantuan golongan darah, permintaan bantuan karena kehabisan bensin atau kebocoran ban kendaraan, dan aneka informasi lainnya.

Dalam sambutannya Kapolda menyampaikan selamat ulang tahun kepada ICJ.”Semoga apa yang sudah dilakukan, juga akan dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat Yogyakarta khususnya, dan Bangsa Indonesia pada umumnya,” ucap Kapolda di depan anggota ICJ yang memenuhi Gedung Kesenian Sleman.

Adanya teknologi informasi dan keberadaan media sosial menurut Kapolda sebuah informasi dapat diikuti dari mana saja, bahkan dari daerah terpencil sekalipun. Kehadiran teknologi informasi ini tentu membawa dampak positif dan negatif yang berdampak pada kehidupan.

“Saya sangat berterima kasih kepada ICJ, yang telah memberikan wadah untuk memfasilitasi, mengumpulkan, dan menampung aspirasi dari banyak kalangan yang ada di dunia maya,” lanjut Kapolda.

Melalui ICJ dapat dilakukan banyak hal, melalui implementasi dari informasi yang beredar di dalamnya. Termasuk salah satunya masukan dan kritik kepada kepolisian salah satunya. Sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki pelayanan publik. Selain itu, ICJ menurut Kapolda bisa berperan dalam membentuk netizen yang cerdas.

“Mari kita budayakan internet yang sehat, terutama di medsos, sebelum menyebarkan informasi, biasakan melakukan konfirmasi atau tabayyun,” jelas Kapolda.

“Setidaknya kita harus memikirkan, apa dampak yang akan terjadi dengan informasi yang akan dishare, apakah merugikan orang lain atau tidak,” sambung Kapolda.

Kapolda pun menaruh harapan, dengan digelarnya acara ini dapat mempererat tali silaturahmi antara Polda DIY dan ICJ.

“Semoga banyak manfaat yang bisa didapat dari acara ini, Salam Aspal Gronjal!!!” tutup Kapolda dengan salam khas ICJ.

Pada acara tersebut, Kapolda memotong tumpeng dan diberikan kepada Yanto Sumantri selaku Presiden ICJ.

penulis : Agung MP
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password