Polres Mimika Tangani Keributan di Lapas Kelas II B Timika

Tribratanews.polri.go.id.- Polda Papua – Polres Mimika.- Bertempat di lapas kelas II B Timika Jalan poros Sp6 Kampung Naima Muktipura Distrik Iwaka terjadi keributan antara massa yang di pimpin saudara Parjono dengan pihak Petugas lapas dikarenakan adanya tahanan yang kabur a.n Intan Gwijangge alias Rambo narapida dengan vonis 20 tahun Penjara kasus pembunuhan masyarakat jawa a.n Tukimin tahun 2015 lalu, minggu/17/9/2017.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Drs. A. M. Kamal. SH, saat dikofirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut.

Menurut Kabid Humas, “sekitar pukul 15.30 WIT sekelompok massa yang berjumlah sekitar 150 orang tiba dilapas kelas II B Timika untuk menanyakan perihal kaburnya tahanan Intan Gwijangge alias Rambo kepada pihak petugas lapas”.

Lanjut Kabid, “setelah aparat keamanan mendapat laporan adanya keributan tersebut, 8 orang personil kepolisian yang dipimpin AKP Junan Plitomo. K. S.Sos. MH, tiba di halaman lapas dan langsung mengamankan lokasi”.

Kordinator massa saudara Parjono pada kesempatan itu menyampaikan bahwa, ” maksud dan tujuan kami datang kesini karena adanya tahanan yang membunuh warga kami dan telah melarikan diri dari lapas kemudian sudah sering terjadi tahanan kabur dari dimana tanggung jawab para petugas lapas. kalau kejadian ini terus terjadi ini akan mengurangi rasa kepercayaan masyarakat dalam mencari keadilan dan apa usaha bapak-bapak petugas lapas untuk mengatasi masalah ini”.

Marten Bake Malino, Pelaksana Harian Kalapas kelas II B mimika kepada massa menyampaikan bahwa, “perlu diketahui terjadi kaburnya tahanan ini karna penjaga kami hanya satu dan petugas kami diancam oleh napi dan ada orang asli papua diluar lapas yang juga ikut mengancam petugas kami dengan menggunakan parang namun kami telah melakukan koordinasi dengan pohak polres Mimika untuk mencari dan menangkap para Narapidana yang kabur ini”.

pukul 15.45 WIT penyampaian Kapolsek Kuala Kencana sbb;
sesuai Jadwal kunjungan tahanan selasa dan kamis untuk Narapidana rabu dan jumat, apabila ada hari lain ada kunjungan itu diluar presedur dan saya harap pihak lapas melakukan evaluasi.

Penulis : Vickhy Merani

Editor : Alfian Nur

Publish : Vickhy Merani

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password