Gerakan Polisi Mengajar dan Berbagi Seribu Buku Sasar Anak Sekolah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Personil Kepolisian Sektor Kindang Resor Bulukumba melaksanakan giat Gerakan Polisi Mengajar dan Berbagi Seribu Buku di SD 350 Kahayya Desa Kahayya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba,Jumat (15/09/2017).

Dalam kegiatan yang dipimpin, Wakapolsek Kindang Ipda Muhaemin,S.Sos, sejumlah kegiatan dilaksanakan seperti memberikan penyuluhan akan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara dini dihadapan puluhan siswa siswi SD 350 Kahayya. Sekaligus menyerahkan bantuan puluhan buku bacaan disekolah tersebut.

“Kegiatan pagi hingga siang hari tadi di Kahayya adalah Safari Jumat. Kita turun kemasyarakat, dan kesekolah untuk memberikan sosialisasi kamtibmas. Kita juga bagi stiker bahaya narkoba. Penting sejak dini kita mengenalkan ke anak anak kita akan bahaya Narkoba dan tindak pidana lainnya,”jelas Waka Polsek Kindang Ipda Muhaemin.

Selanjutnya, setelah acara bakti sosial dan sosialisasi kamtibmas dilakukan. Personil Polsek Kindang, melakukan sholat jumat di Masjid Buburrahman, Dusun Tabbuakang , Desa Kahayya dan menyerahkan sumbangan kitab suci Alquran oleh Waka polsek kindang kepada imam mesjid Baburrahman.

“Kegiatan ini kami laksanakan agar lebih dekat dengan masyarakat, ini juga merupakan program inovatif dari unit Binmas se Kecamatan Kindang yang dilaksanakan secara rutin disetiap desa khususnya di hari jumat,”ungkap Waka Polsek Kindang.

Gerakan Polisi Mengajar dan Berbagi Seribu Buku yang dilakukan Polsek Kindang merupakan upaya Kepolisian menambah minat membaca kepada para siswa sekolah.

Banyak manfaat yang diperoleh dari membaca. Dengan membaca siswa dapat memperluas cakrawala ilmu pengetahuan, menambah informasi bagi diri sendiri, meningkatkan pengetahuan serta menambah ide.

Menurut Gray & Rogers (1995) dalam Supriyono menyebutkan beberapa manfaat membaca, antara lain:

1) Meningkatkan pengembangan diri siswa

Dengan membaca siswa dapat meningkatkan ilmu pengetahuan, sehingga daya nalarnya berkembang dan berpandangan luas yang akan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

2) Memenuhi tuntutan intelektual

Dengan membaca buku maupun sumber-sumber bacaan lain seperti surat kabar maupun berita dan artikel-artikel di internet, pengetahuan bertambah dan perbendaharaan kata-kata meningkat, melatih imajinasi dan daya pikir sehingga terpenuhi kepuasan intelektual.

3) Memenuhi kepentingan hidup, dengan membaca siswa akan memperoleh pengetahuan praktis yang berguna dalam kehidupan mereka sehari-hari.

4)  Meningkatkan minat siswa terhadap suatu bidang

5) Mengetahui hal-hal yang aktual, dengan membaca siswa dapat mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar maupun di seluruh dunia yang mungkin berhubungan materi pelajaran, sehingga siswa dapat menerapkan dengan kehidupan nyata.

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password