Meriah.. Gerak Jalan Santai HUT Lalu Lintas ke 62 di Polda Sulsel

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Ratusan personil Polda Sulsel mengikuti gerak jalan santai dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Lalu Lintas ke 62, Jumat (15/09/17).

Gerak jalan santai HUT Lantas menempuh jarak 8 KM, yang memulai star dari Gerbang GOR Sudiang, menyusuri Jl. Pajjaiyang dan  Jl.Laikang, kemudian belok kiri ke Jl. Goa Ria, selanjutnya keluar di Jl Poros Perintis Kemerdekaan kemudian  langsung menuju Mapolda Sulsel.

Acara Gerak Jalan Santai dilepas langsung oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs, Muktiono didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Sulsel, Ibu Ratu Diana Muktiono sekaligus turut ikut serta dalam gerak jalan santai bersama para pejabat utama Polda Sulsel.

Artikel, Meriah.. Gerak Jalan Santai HUT Lalu Lintas ke 62 di Polda Sulsel1

Kapolda Sulsel dalam sambutannya sebelum melepas peserta gerak jalan mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT ke – 72 Lalu Lintas, tapi itu juga untuk mempererat soliditas internal seluruh personil Polda.

“Gerak jalan bersama ini, selain mempererat silaturahmi juga diharapkan meningkatkan kinerja kita, ingat didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa sehat,” tegas Kapolda.

Ditlantas Polda Sulsel juga telah mempersiapkan Doorprize untuk undian peserta yang mengikuti jalan santai. Sejumlah hadiah-hadiah menarik akan diraih oleh peserta gerak jalan bagi yang beruntung nomor kuponnya dibacakan.

Peserta gerak jalan ada yang mendapatkan hadiah, kipas angin, kompor gas, rice cooker dan hadiah hiburan lainnya. Adapun hadiah utamanya berupa satu unit sepeda yang berhasil diraih oleh Bara Paremme personel Bid Humas Polda Sulsel.

Selain mempererat soliditas internal seluruh personil Polda Sulsel, kegiatan ini juga menjadi ajang olahraga untuk menjaga kesehatan. Banyak manfaat yang diperoleh dari olahraga ini diantaranya,

1.Baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.

Jalan kaki memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan jantung serta mengatur tingkat kolesterol Anda. Menurut sebuah studi, jalan kaki selama 30 menit diduga bisa menurunkan kemungkinan seorang wanita mengalami masalah jantung sekitar 40 persen. Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan memperkuat jantung.
Tidak hanya itu saja, jalan kaki secara teratur juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh, serta menurunkan tekanan darah.

2.Mencegah diabetes tipe 2

Selain penyakit jantung, diabetes tipe 2 juga bisa dicegah dengan berjalan kaki setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Dengan melakukan jalan kaki, Anda telah memicu otot untuk bekerja lebih sehingga kemampuan untuk menyerap glukosa meningkat. Dengan berjalan kaki selama 30 menit, Anda bisa mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2 setidaknya hingga 30 persen.

3.Menurunkan berat badan

Dengan berjalan cepat selama 30 menit dalam sehari Anda bisa membakar setidaknya 150 kalori per hari. Semakin cepat langkah kaki Anda, semakin banyak kalori yang dibakar. Namun tentu tidak cukup hanya dengan berjalan kaki, Anda juga perlu menunjangnya dengan pola makan sehat.

4.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kurang olahraga bisa membuat tubuh Anda mudah terkena penyakit. Cobalah untuk sempatkan diri melakukan jalan kaki setidaknya selama 30 menit. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan melawan infeksi. Berjalan kaki selama 30 menit juga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak dan tubuh secara otomatis akan melepaskan zat kimia yang membuat Anda merasa lebih baik.

5.Mengurangi stres

Mungkin tidak terpikirkan oleh Anda sebelumnya bahwa ternyata berjalan kaki bisa membantu dalam mengurangi atau mencegah stres. Ya, menyempatkan berjalan kaki dalam sehari bisa mengurangi stres atau mencegahnya. Berjalan kaki dan aktifitas fisik lainnya bisa memicu endorfin yang membuat mood Anda merasa lebih baik dan mengurangi rasa cemas serta depresi.

6.Mencegah osteoporosis

Osteoporosis disebabkan oleh adanya penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, dan rentan patah karena rapuh. Dengan melakukan olahraga berjalan kaki, Anda dapat membangun dan mempertahankan kesehatan tulang Anda.

Penulis : Taufik

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password