Monitor Desa Rawan Banjir, Personil Polsek Jongkong Menghimbau Tingkatkan Kewaspadaan

Tribaratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Kapuas Hulu – Pada hari Kamis (14/9/2017) pukul 09.00 wib, Personil Polsek Jongkong Menghimbau masyarakat tingkatkan Kewaspadaan.

Kapolsek Jongkong Ipda Dony menginstruksikan anggotanya yaitu Bripka Mulyadi, Bripka Muhammad Syuhada dan Brigadir Yulius.R untuk mengecek langsung situasi dan kondisi wilayah hukum Polsek Jongkong sebagai salah satu daerah rawan terjadinya banjir jika terjadi hujan dengan volume yang agak deras serta luapan air dari aliran sungai Kapuas.

Daerah yang rawan sering terjadinya banjir di wilayah Kecamatan Jongkong diantaranya Desa Jongkong Tanjung, Joki Hilir, Jongkong Pasar, Jongkong kanan, Kandung Suli dan Bontai daerah ini sering sekali terjadi genangan air bahkan sampai banjir jika datang musim penghujan atau turun hujan yang lumayan deras dan lama.

Sehingga Kapolsek Jongkong menginstruksikan kepada anggota yang melaksanakan jaga agar selalu monitor daerah – daerah tersebut jika hujan datang dan selalu bisa berkordinasi dengan para perangkat desa yang daerahnya tergolong daerah rawan bencana atau banjir.

Kapolsek Jongkong Ipda Dony melalui Bripka Mulyadi mengatakan Kita harus selalu monitor dan waspada jika ada hujan dengan intensitas cukup deras dan lama karena di daerah kita khususnya daerah perairan menjadi daerah yang rawan terjadinya banjir jika ada hujan atau banjir kiriman dari daerah hulu serta luapan dari aliran sungai Kapuas.

Untuk sementara dari hasil monitoring daerah rawan banjir belum ditemukan adanya rumah masyarakat yang terendam banjir kurang lebih masih sekitar 1,5 meter lagi air banjir sampai kelantai rumah masyarakat” ujarnya.

“Semoga musim penghujan yang sudah mulai datang ini wilayah Kecamatan Jongkong khususnya terhindar dari bencana banjir, kami juga sangat berharap kesadaran dari seluruh warga masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai serta selalu waspada terhadap datangnya bencana banjir” tambahnya.

Penulis : Yulius .R
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password