Di Masjid Mapolda Sulsel, Quraish Shihab Ingatkan Pentingnya Merawat Kebhinekaan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Cendikiawan Muhammad Quraish Shihab memberikan Tauziyah dihadapan Personil Polda Sulsel di Masjid Syhada 45 hari ini. Dalam ceramahnya, ia berbicara mengenai pentingnya merawat kebhinekaan bangsa.

“Kita sepakat untuk berbhinneka tunggal ika dan menyadari Islam tidak melarang kita berkelompok dan berbeda. Yang dilarangnya adalah berkelompok dan berselisih,” ujar Quraish di Masjid Syuhada, 45 Mapolda Sulsel, Kamis (14/9/17).

Mantan Menteri Agama ini mengatakan, sebagai umat manusia di Indonesia, sudah seharusnya memiliki nilai-nilai leluhur. Namun, hal tersebut masih belum mampu merekat dalam kehidupan bermasyarakat.

“Ada satu mesti tanamkan dalam jiwa bahwa keragaman itu keniscayaan, tidak ada sesuatu dari mahkluk tuhan yang sama bahkan daunpun demikian, manusia pun beragam, pada penelitian para pakar tidak ada manusia sama,” kata Mantan Menteri Agama tersebut.

Lebih lanjut, Quraish Syihab menyampaikan dalam islam tidak ada keutamaan putih atau hitam, dijadikan bersuku suku untik salin bekerja sama, kita saling menghormati manusia hidup atau mati, jaman nabi SAW, orang musyrik yang terbunuh di medan petang dihormati oleh nabi SAW.

Nabi Muhammad SAW dalam masyaratnya terdiri berbagai suku dan agama ada Islam, Kristen, Yahudi, dan Majusi, nabi Muhammad SAW, membentuk pemersatu berupa piagam medinah, yang berisi saling mengisi, dan menghormati dan tidak ada istilah mayoritas dan minoritas, dan ketika ada ancaman dari luar harus bersatu

“Amalan dunia akhirat harus disatukan, itu syarat untuk merawat nilai kebhinekaan, harus menyatu kan pikiran dalam perbedaan,” jelas mantan ketua MUI tersebut.

“Semakin matang dan dewasa masyarakat, semakin mantap pula pengejawantahan nilai-nilai yang baik, masyarakat yang sakit adalah yang mengabaikan nilai-nilai tersebut,” tuturnya.

Quraish menyampaikan ceramah seusai menunaikan salat duhur turut dihadiri Kapolda Sulsel Irjen Pol.Drs. Muktiono, Wakapolda Brigjen Pol Mas Guntur Laupe, Kepala BNN, Para pejabat utama Polda Sulsel, Para Pengurus Bhayangkari dan para personel Polda Sulsel.

Penulis : Taufik

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password