Kapolsek : Sambang Tokoh Masyarakat Kamoro Guna Mendengar Saran Dan Masukan

Tribratanews.Polri.go.id, Polda Papua  Polres Mimika – Bertempat di kampung Pomako Distrik Mimika Timur telah dilakukan kegiatan sambang dan konsolidasi guna menyikapi permasalahan yang terjadi di Kampung Pomako terkait nelayan pribumi dengan nelayan luar yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Mimika Timur Akp Florensin Y Nari, SH bersama 3 personil dengan pihak keluarga korban dan tokoh adat Adam Cirm dan Marianus Maknaipeku. Kamis, 14 / 09 / 2017 / Siang.

Marianus Maknaipeku adalah seorang tokoh masyarakat adat Suku Kamoro yang sangat besar pengaruhnya terhadap masyarakat telah memberikan penjelasan kepada Kapolsek dan personelnya terkait kejadian yang terjadi antara nelayan non Papua dan Nelayan Papua sehingga mengakibatkan salah satu masyarakat meninggal dunia akibat tindakan yang di lakukan oleh oknum TNI-AD ( dalam proses POM TNI).

WhatsApp Image 2017-09-14 at 14.50.54

Penyampaian dan masukan ini  guna penyelesaian terkait permasalahan yang terjadi dan intinya bahwa  penyelesaian permasalahan yang ada terdapat keinginan para tokoh yang terbagi menjadi dua sisi yakni dari sisi Korban  pembahasan internal antara Dandim dengan pihak keluarga korban, dari sisi umum menyangkut kearifan lokal khususnya terkait hasil serta mengenai nelayan dan pengelolaannya. Untuk saat ini pihaknya (para tokoh adat dan pihak keluarga korban) masih menunggu waktu untuk pembicaraan penyelesaian permasalahan yang ada.

Tanggapan Kapolsek Mimika Timur yang intinya bahwa pihak keluarga Korban dan masyarakat diminta untuk tetap tenang dan bersabar terkait dengan perkembangan penyelesaian permasalahan yang terjadi. Selain hal itu masyarakat diminta untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban agar tidak terdapat permasalahan baru yang akan muncul.  Kapolsek juga akan menyarankan dalam penyelesaian nantinya agar melibatkan / yang perlu diundang diantaranya Lemasko selaku Lembaga Adat,  Masyarakat Kampung Manasari Distrik Mimika Timur Jauh,   Masyarakat Kampung Atuka Distrik Mimika Tengah, dari Pemerintah Daerah Kab.Mimika dalam hal ini Dinas Perikanan dan kelautan, DPRD dan Kepolisian

Penulis : Lusyadi

Publish : Avian

Publish : Simson C F. Ayer

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password