Tidak Menerima Putusan, Sejumlah Massa Menyerang Kantor Pengadilan Tebo

WhatsApp Image 2017-09-14 at 11.02.00 (1)

Tribratanewspolri.go.id, Polda Jambi Res Tebo – Pagi ini kantor pengadilan Negeri Tebo yang terletak di Perkantoran Pemkab Tebo Pal 12 Desa Sungai Alai Kecamatan Tebo Tengah ramai diserang oleh beberapa orang massa. Pasalnya penyerangan yang dilakukan oleh massa di Kantor Pengadilan ini berbuntut akibat ketidak puasan massa terhadap pembacaan putusan Oleh Hakim Pengadilan Negeri Tebo terhadap 2 ( Dua ) orang terdakwa dalam kasus 340 KUHP ( Pembunuhan berencana ) dengan vonis 7 tahun penjara, Kamis (14/9).

Dalam putusan yang dibacakan oleh Hakim, pihak keluarga korban tidak senang dengan keputusan Hakim dan langsung melakukan Protes serta melakukan tindakan anarkis terhadap terdakwa dan Hakim. Tidak sampai disitu saja, Masa yang sudah anarkis mulai berkumpul didepan gedung pengadilan negeri Tebo untuk melakukan demontrasi dan protes terhadap putusan yang dibacakan Hakim.

Melihat hal teersebut, tim dalmas kerangka dri Sat Pol PP Kabupaten Tebo mencoba menghalau massa, namun massa masih anarkis. Melihat situasi tidak terkendali, pihak pengadilan Tebo langsung meminta bantuan kepada Polres Tebo dengan mendatangkan 1 Pleton dalmas inti Polres Tebo beserta Renmas dari Polwan Polres Tebo. Tim dalmas inti dan Reinmas langsung melakukan tindakan pembubaran masa sesuai dengan SOP penanganan Masa demonstrasi. Selang waktu yang tidak bergitu lama akhirnya massa berhasil di bubarkan.

TIm Reinmas Polwan Polres Tebo yang ikut mengamankan sejumlah massa yang mengamuk
TIm Reinmas Polwan Polres Tebo yang ikut mengamankan sejumlah massa yang mengamuk

Kapolres Tebo AKBP Budi Rachmat, S.I.K, M.Si melalui Kabag Ops Polres Tebo Kompol M. Jalaluddin membenarkan adanya kegiatan simulasi pengamanan jalanya sidang di Pengadilan Negeri Tebo ini, pihaknya menjelaskan hal ini dalam rangka persiapan Polres Tebo dalam menghadapi situasi kotinjensi baik yang terjadi di kalangan perkantoran dan instansi maupun di tempat lainnya.

“Sesuai dengan arahan dari pimpinan, hari ini kita melaksanakan Simulasi penanggulangan huru hara dan bencana kebakaran dipengadilan negeri tebo kelas II dengan tema ” semangat berkarya nyata “. Hal ini dalam rangka kesiapan Polri dalam menghadapi situasi kontijensi yang seperti ini dengan harapanya kedepanya Polri lebih siap dengan segala situasi,”jelas Kabag Ops Polres Tebo saat dikonfirmasi usai pelaksanaan kegiataan simulasi.

Ditempat yang sama, Ketua Pengadilan Negeri Tebo Ricky Fardinand, SH menambahkan bahwa kegiatan ini hasil kerjasama antara pengadilan negeri Tebo dan Polres Tebo dalam bentuk persiapan serta penanganan terhadap situasi Kotinjensi.

““Pada pengadilan negeri ada yang namanya Managemen Resiko, jadi di pengadilan negeri ini sebenarnya tempat rawan aksi, penyebabnya tidak lain adalah  tidak terima atas putusan pengadilan, atas  kasus yang disidangkan, maka dari itu kita menggelar kegiatan simulasi ini untuk mengetahui sejauh mana persiapan kita dalam menghadapi situasi kontijensi seperti yang kita lakukan saat ini,”tandasnya.

Penyerahan Cinderamata dari Ketua Pengadilan yang diterima langsung oleh Kapolres Tebo
Penyerahan Cinderamata dari Ketua Pengadilan yang diterima langsung oleh Kapolres Tebo

Sebagai penutup kegiatan simulasi ini, Ketua Pengadilan Negeri Tebo Ricky Fardinand, SH memberikan cinderamata kepada Polres Tebo yang diterima langsung oleh Kapolres Tebo AKBP Budi Rachmat, S.I.K, M.Si dan kepada Pemda Tebo yang di wakili oleh Kasat Pol PP Kabupaten Tebo sebagai aperesiasi atas pelaksanaan kegiatan yang berjalan dengan baik.

Penulis    : Dian SM / Res Tebo Jambi

Editor      : Alfian

Publish    : Dian SM / Res Tebo Jambi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password