Lagi-lagi Aksi Demo Damai Berlangsung di Biak, Polres Biak Lakukan Pengamanan Secara Ketat

IMG_0144-864x576

Tribratanews.polri.go.id, Papua Polres Biak – Aksi demo damai kembali terjadi di Biak, yang dilakukan oleh LSM Kampak dan Forum Peduli Kawasa Byak yang dimulai di halaman kantor Kejaksaan Negeri Biak dengan jumlah massa sekitar 40 orang dan aksi kedua dihalaman kantor DPRD Biak dengan jumlah massa sekitar 100 orang, Rabu (13/9/2017).

Aksi yang berlangsung di kantor Kejaksaan sekitar pukul 11.30 WIT, diterima langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Biak Sigid J. Pribadi, SH.MH. adapun yang menjadi tuntutan mereka adalah meminta pihak Kejaksaan segera melakukan penanganan Korupsi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor. Kajari menanggapi dengan menyatakan akan segera menindak lanjuti tuntutan dari peserta aksi damai tersebut.

IMG_0121-864x576

Selanjutnya sekitar pukul 13.30 WIT peserta aksi bergeser ke Kantor DPRD Biak dan melakukan Orasi di halaman Kantor DPRD Biak. Massa aksi bertambah jumlahnya hingga sekitar 100 orang. Aksi tersebut diterima langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Biak Ir. ZETH SANDY, SE.MM bersama seluruh anggota DPRD. Adapun tuntutannya, mereka meminta DPRD untuk segera meminta pertanggung jawaban Bupati terhadap penggunaan keuangan daerah dan meminta Bupati segera dicopot dari jabatannya. Tanggapan dari Wakil Ketua DPRD adalah akan membentuk Pansus hak angket dan mendukung proses hukum yg dilakukan aparat penegak hukum.

Kapolres Biak Numfor AKBP Rachmad Amsori, SIK yang memimpin langsung pengamanan aksi demo tersebut mengatakan bahwa, sebelumnya berbagai langkah-langkah telah dilakukan oleh jajarannya dengan melakukan koordinasi terhadap pihak-pihak terkait seperti Klasis, MUI, HMI, Ketua DPRD, Kajari, DANDIM 1708 BN dan Wakil Bupati Biak Numfor. Juga telah memanggil dan audiensi dengan para koordinator aksi pada hari Senin (11/9/2017) agar pelaksanaan aksi damai dapat berjalan tertib.

IMG_0108-864x576

“Dalam mengantisipasi aksi tersebut, kami telah menyiapkan Pasukan Pengamanan dengan Jumlah kekuatan 102 Personil Polres Biak, 1 Kompi Brimob dan Kodim 1708 BN (Stand By on Call), dengan menempatkan personil pengamanan di Kantor Kejaksaan dan Kantor DPRD Kabupaten Biak Numfor serta pada titik kumpul di terminal Darfuar dan Ruko Mandiri, “ungkap Kapolres yang didampingi Kabag Ops Kompol Edison dilokasi pengamanan.

Ditambahkan Kapolres bahwa telah terjadi aksi pencegatan yang dilakukan oleh Satpol PP Pemda Biak terhadap massa aksi yang akan menuju titik kumpul dan sempat terjadi tindak pidana penganiayaan yang dilakukan oleh oknum Satpol PP terhadap korban atas nama Muhammad Arfan dan menyebabkan luka pada bagian pelipis kiri atas. Korban telah melapor ke SPKT Polres Biak Numfor dan telah dimintakan VER ke RSUD Biak.Terkait tindakan pencegatan oleh Satpol PP tersebut, Personil Polres Biak Numfor dibawah kendali Kabagops telah membubarkan Satpol PP dan mengarahkan untuk kembali ke Kantor Bupati Biak. (*)

Penulis : Ruslan
Editor : Alfian Nur
Publish : Ruslan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password