Polres Sanggau, Tatap Muka Kabaharkam POLRI bersama Bhabinkamtibmas yang Berprestasi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Rabu, 13 September 2017, sekira pukul 09.15 Wib. Bertempatkan di Ruang Rapat Kerja Baharkam Mabes POLRI, Jalan Trunojoyo No.3, Jakarta Selatan. Telah dilaksanakan kegiatan tatap Muka bersama Bhabinkamtibmas Yang Berprestasi dan Penyerahan Piagam Penghargaan Kapolri.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kabaharkam POLRI Komjen. Pol. Drs. Putut Eko Bayuseno, S.H. didampingi oleh Kakorbinmas Baharkam POLRI Irjen Pol Drs. Arkian lubis, SH dan Dirpotmas Korbinmas Baharkam POLRI Brigjen Pol Drs. Istiono, MH.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres pendamping para Bhabinkamtibmas yang berprestasi dan penyerahan piagam penghargaan Kapolri, diantaranya adalah Kapolres Sanggau AKBP Oki Waskito, SH, S.Ik, M.Si dan Kapolres Buton AKBP Andi Herman S.Ik.

Hadir pula Bhabinkamtibmas yang berprestasi dan penyerahan piagam penghargaan Kapolri yaitu Brigadir Hudson Siahaan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sekayam, Polres Sanggau, Polda Kalbar dan Brigadir Al Muhalid anggota Bhabinkamtibmas Desa Wajo Bahari, Polsek Wabuka, Polres Buton, Polda Sultra.
Dalam kesempatan tersebut Kabaharkam POLRI Komjen. Pol. Drs. Putut Eko Bayuseno, S.H mengucapkan selamat atas penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustakaloka dari Kepala Perpustakaan Nasional RI dan ucapan selamat datang di Kantor Baharkam Polri.

Atas prestasi dan kinerja Bhabinkamtibmas tersebut, Kabaharkam dan Kakorbinmas Baharkam Polri diundang oleh Kepala Staf Presiden (KSP) Teten Masduki di Bina Graha Istana Negara. Sesuai petunjuk Bapak Presiden RI, bahwa Bhabinkamtibmas dapat diperankan dan diandalkan dalam mendukung Program-Program Pemerintah.

Kunci Kekuatan Para Bhabinkamtibmas adalah Para Kasatwil sebagai User (Kapolda dan Kapolres). Ditangan para Kasatwil tersebut, Bhabinkamtibmas bisa menjadi handal atau mandul. Para Kasatwil harus terus Continue memberikan pelatihan kepada para Bhabinkamtibmas.

Sesuai Program Polri setiap personel Bhabinkamtibmas diharapkan mampu untuk membina masyarakat, Bhabinkamtibmas harus mampu membuat masyarakat binaannya agar tidak menjadi korban dan pelaku kejahatan atau tindak pidana, pelanggaran dan bencana (alam dan laka lantas).

Memberikan Deteksi Dini, Bhabinkamtibmas wajib dan harus mampu mencegah terjadinya konflik sosial yang ada di masyarakat. Bhabin harus bisa menjadi mata dan telinga (Intlijen) di masyarakat, sehingga konflik bisa dicegah. Sehingga kehadiran polisi sebagai representasi negara benar benar dirasakan oleh masyarakat. Yang pertama kali disalahkan dalam terjadinya konflik adalah Bhabinkamtibmas dan Intelakam.

Kabaharkam POLRI Komjen. Pol. Drs. Putut Eko Bayuseno, S.H mengatakan “Bila Bhabinkamtbmas mendapatkan informasi terkait potensi konflik sosial, wajib segera melaporkan ke Pimpinan (Kapolsek, Kapolres, Kapolda), bila Pimpinan tidak merespons, maka yang disalahkan adalah Kasatwil tersebut,” Tegas Jenderal Berbintang dua itu.
Saya harapkan agar Kapolres Sanggau dan Kapolres Buton dapat mengedepankan fungsi pencegahan dalam pelaksanaan tugas di wilayah, karena sudah terbukti fungsi pencegahan bisa menghemat angaran sampai dengan 2 trilyun setiap tahunnya.

Agar Kapolres membuat grafik berapa banyak giat pencegahan (penyuluhan) yang dilakukan oleh fungsi Binmas dan Sabhara, dibandingkan dengan berapa nilai angka kriminalitas yang ada di daerah tersebut.

Penulis : Reno Wisnu Pradana dan Sukadar
Editor : Alfian nunar
Publis : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password