Ops Gaktiplin, 60 Personel Direktorat Reskrimsus Polda Bali di Tes Urine

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Polda Bali sangat konsisten dalam menyukseskan program pemerintah di bidang pemberantasan narkoba. Hal ini terbukti dengan dilaksanakannya Operasi Penegakan dan Penertiban Disiplin (Gaktiplin) anggota Polri. Ada 6 target dalam Ops Gaktiplin yang akan dilaksanakan di seluruh jajaran Polda Bali, termasuk didalamnya yaitu pelaksanaan tes urine.

Atas dasar tersebut, usai melaksanakan apel pagi, sebanyak 60 personel Polri dan PNS Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Bali menjalani tes urine, bertempat di Halaman Depan Mapolda Bali tepatnya di depan SPKT Polda Bali, Rabu (13/9).

Dalam pelaksanaannya, Bidang Propam Polda Bali bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar. Satu per satu urine dari personel di screening menggunakan reagen yang dilengkapi enam panel pemeriksaan. Reagen ini mampu mendeteksi secara dini tentang kandungan narkoba yang ada di dalam urine, seperti amphetamine, metamphetamine, benzodiazepam, morphin, THC dan opium.

Kasubbid Provost Bidpropam Polda Bali AKBP Dili Pratikno, S.I.K. mengatakan, tes urine dilakukan sebagai upaya untuk melakukan antisipasi agar tidak ada personel yang terkontaminasi menggunakan narkoba. “Melalui tes urine diharapkan tidak ada personel yang terlibat dalam kasus narkoba baik sebagai pengguna, kurir maupun Bandar,” harapnya.

Perwira melati dua ini juga mengungkapkan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari pernyataan Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose yang menyatakan perang terhadap narkoba. Kapolda Bali tidak mentolerir para pemain barang haram tersebut. Sehingga pelaksanaan tes urine ini dilakukan secara mendadak dan sama sekali tidak diketahui oleh personel.

“Jika ada yang terbukti maka personel tersebut akan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku. Dari hasil tes urine tadi pagi, semua dinyatakan negatif atau tidak ada urine personel yang mengandung narkoba,” ucap AKBP Dili Pratikno, S.I.K.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Ngakan Candra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password