Seleksi Pendidikan Perwira di Polda Sulsel, Panitia dan Peserta Disumpah dan Tanda Tangan Pakta Integritas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Mas Guntur Laupe memimpin acara penandatanganan pakta integritas dan pembacaan sumpah panitia dan peserta seleksi Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Intelkam TA 2017 di Aula Anindhita Mapolda Sulsel, Rabu (13/09/17).

Dalam arahannya Wakapolda membacakan amanat Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono bahwa seleksi SIP Intelkam ini merupakan wujud dari implementasi kebijakan Kapolri pada bidang sumber daya manusia.

Polri sebagai sebuah organisasi dengan jumlah personel yang besar perlu dikelola secara modern, baik dan benar, meliputi bidang operasional maupun pembinaan agar senantiasa dapat menyesuaikan dengan tren dinamika sosial masyarakat.

Terkait hal itu, lanjut Wakapolda, guna memperoleh calon inspektur Polri yang profesional dan memenuhi harapan masyarakat perlu diawali oleh proses seleksi pendidikan yang benar.

Sumber peserta didik selayaknya merupakan orang-orang pilihan yang mempunyai keunggulan pada semua aspek yang diperoleh melalui serangkaian proses seleksi yang ketat guna memperoleh calon peserta didik yang potensial sesuai dengan harapan.

“Maka dari itulah, momen ini hendaknya tidak dimaknai sebagai rutinitas biasa, tapi harus ada peningkatan kualitas proses seleksi yang bersih, transparan, akuntansi dan humanis serta tunggu dan kompetitif sehingga terpilih calon perwira Polri yang memiliki integritas dan kecerdasan dengan harapan mampu menjawab tantangan tugas Polri kedepan yang semakin global dan kompleks,” ucap Wakapolda.

Seleksi SIP ini merupakan bagian dari fungsi pengembangan personel Polri yang bernilai strategis yang penyelenggaraannya dilaksanakan melalui kegiatan pengumuman, pendaftaran, penelitian, pemanggilan, pemeriksaan/pengujian dan penentuan serta pengangkatan menjadi peserta didik calon siswa inspektur Polri adalah merupakan rangkaian yang sangat penting.

Polri bertekad untuk menyelenggarakan sistem seleksi yang bersih, transparan, akuntansi dan humanis serta clear and clean (Bersih dan tidak bermasalah) sesuai dengan harapan dan tuntutan masyarakat guna menghasilkan perwira Polri yang prifesional, bermoral dan modern, memiliki watak yang menjunjung tinggi kebenaran, keadilan dan kejujuran yang berpedoman kepada moral dan kode etik Kepolisian.

Oleh karena itu, kata Jenderal bintang satu ini, dibutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara aktif dan optimal, pengawasan secara terpadu oleh tim eksternal dan internal Polri sehingga peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Polri yang bersih, transparan, akuntansi dan humanis dapat terwujud.

Untuk mewujudkan Polri yang profesional, modern dan terpercaya harus dimulai dari proses seleksi pendidikan polri yang objektif, bersih transparan, akuntansi dan jujur. Oleh karena itu panitia dan peserta diikat dengan sumpah seleksi pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Intelkam TA 2017.

Artikel, Seleksi Pendidikan Perwira di Polda Sulsel, Panitia dan Peserta Disumpah dan Tanda Tangan Pakta Integritas1

Berikut isi sumpah panitia :

Demi Allah saya bersumpah.

Bahwa saya akan menjalankan tugas seleksi Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi dengan penuh tanggung jawab, jujur, obyektif, cermat dan teliti dalam setiap obyek pemeriksaan.

Bahwa saya tidak akan menambah, mengurangi, merekayasa dan tindakan penyimpangan lain dalam melakukan pemeriksaan atau penilaian.

Bahwa saya tidak akan melakukan korupsi, kolusi, nepotisme dan konspirasi serta menjanjikan ataupun membuat janji dengan atau kepada siapapun untuk membantu atau menolong kelulusan calon dengan meminta atau menerima imbalan dalam bentuk apapun.

Bahwa saya akan menolak terhadap permintaan ataupun. Ajakan dari siapapun dan dalam bentuk apapun untuk melakukan penyimpangan dalam proses seleksi ini.

Bahwa saya tidak akan melakukan penyimpangan karena akan mendapat tindakan hukum yang tegas baik hukum pidana, kode etik dan disiplin.

Bahwa sumpah ini sebagai janji dan sumpah saya kepada Allah Ta’ala yang akan saya taati karena Allah Ta’ala maha melihat dan maha mengetahui.

Berikut isi sumpah peserta :

Bahwa saya akan bersungguh-sungguh mengikuti sistem seleksi Pendidikan Inspektur Polisi (SIP) Intelkam berdasarkan kemampuan diri saya dengan jujur dan bertanggung jawab.

Bahwa saya tidak akan melakukan perbuatan yang bertentangan dengan norma seleksi dalam bentuk mencari dan atau meminta, menggunakan dukungan dari pihak lain untuk membantu meluluskan diri saya.

Bahwa saya akan mematuhi segala ketentuan dan peraturan yang berlaku dalam proses seleksi.

Bahwa apabila saya melanggar ketentuan sumpah ini, saya bersedia didiskualifikasi dan proses sesuai ketentuan yang berlaku.

Bahwa sumpah ini sebagai janji dan sumpah saya kepada Allah Ta’ala yang akan saya taati karena Allah Ta’ala maha melihat dan maha mengetahui.

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password