Berita Hoax Subur Beredar Di Medsos Polres Blora Gencarkan Patroli Cyber

Tribratanews.polri.go.id – Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengambil tindakan terhadap pelaku pembuat dan penyebar berita hoax yang seringkali viral di media sosial. Langkah ini dirasakan pemerintah perlu diambil lantaran rentan menyebabkan keresahan di masyarakat.

Kapolres Blora, AKBP Surisman mengaku sudah mendengar perihal instruksi penindakan terhadap pembuat dan penyebar berita hoax. Meski menegaskan bahwa secara umum masyarakat Blora masih aman dari efek viral berita hoax, akan tetapi tindak lanjut akan tetap dilakukan.

“Kita sekedar memantau saja. Situasi di Blora masih sangat aman, masyarakat di sini saya rasa cukup rasional dan tidak mudah terpancing,” terang AKBP Surisman saat dimintai keterangan polresblora.com, Jumat (13/01/2017).

Kapolres menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk lebih bijak lagi dalam memanfaatkan media sosial. Jika melihat ada postingan di laman medsos yang dirasa mencurigakan, ada baiknya warga melakukan pengecekan lebih lanjut dan tidak langsung percaya begitu saja.

“Cek dan ricek itu sangat perlu. Apalagi pada masa perkembangan teknologi saat ini, kita bisa mudah melakukannya,” lanjut dia.

Kasat Reskrimum Polres Bloral, AKP Asnanto menambahkan, meski unit cyber khusus belum terbentuk di Blora, akan tetapi patroli cyber tetap dilakukan oleh jajarannya. Guna melakukan patroli cyber, pihaknya tidak membentuk unit khusus dan hanya mengandalkan satuan dan fungsi yang ada untuk diberdayakan.

“Memang cukup penting untuk antisipasi dini. Jika ada provokasi di media sosial yang bisa memancing kericuhan kita sudah punya langkah-langkah antisipasi,” terang , AKP Asnanto.

Sementara itu, Bupati Blora H. Djoko Nugroho mendukung penuh kebijakan kepolisian untuk memberikan perhatian khusus melalui bagian Humas dan Protokol Setda Blora atas inisiatif Bupati melaksanakan DEKLARASI MASYARAKAT BLORA ANTI HOAX untuk menolak segala bentuk berita bohong. “Kita siap mendukung dan memberikan bantuan kepada aparat kepolisian,” ujar H. Djoko Nugroho melalui Achmad Nur Hidayat Kabag Humas Protokol Setda Blora yang baru.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password