Kapal Cahaya Nusantara Tenggelam, Kerugian Mencapai 430 Juta Rupiah

Tribratanews.polri.go.id Polres Merauke. Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, SH melalui Kasat Polair Polres Merauke AKP Sakka, SH, MH membenarkan telah terjadi Laka Laut tenggelamnya Kapal Cahaya Nusantara di perairan pulau HB Distrik Okaba Kabupaten Merauke. (12/9/2017).

Dimana kejadiannya menurut Kapolsek Okaba Iptu Budiyanto menerangkan terjadi pada hari senin tanggal 11 September 2017, sekitar jam 10.00 wit, telah terjadi laka laut terhadap kapal Cahaya Nusantara, Milik Surahman pada posisi 08, 14, 100 LS, 139, 16, 800 BT, yang berlayar dari Okaba menuju Kali Buraka Distrik Tubang.

Kapal tersebut dengan membawa muatan berupa beras raskin 50 ton, semen 5 ton, arco/gerobak doring 20 unit, gula pasir 50 kali, pinang 5 sak, dan barang campuran.

Dimana Kapal berlayar dari Merauke pada tanggal 23 Agustus 2017 menuju Okaba dengan menurunkan sebagian muatan kemudian pada tanggal 11 september 2017, sekitar 03.00 wit keluar dari pelabuhan Okaba menuju kali buraka distrik Tubang dengan membawa beras raskin sebanyak 50 ton, semen 5 ton dan gerobak dorong 20 unit dan gula pasir 50 koli, pinang 5 sak, dengan total Kerugian diperkirakan kurang lebih 430 juta, anak buah kapal (Abk)  sebanyak 5 0rang semua dalam keadaan selamat.

Kronologis kejadian Saat kapal berada didekat pulau Hape cuaca buruk mengakibatkan air masuk kekapal dan mesin mati sehingga kapal tidak bisa dikendalikan dan tenggelam, kemudian seluruh ABK menggunakan fasilitas keselamatan diatas kapal dan selanjutnya diselamatkan oleh kapal nelayan, dan saat ini sudah tiba dikampung dokip distrik Okaba.

Adapun Langkah langkah yang telah dilakukan adalah Setelah mendapat info dari Kapolsek Okaba maka dilakukan pengecekan terhadap keagenan kapal untuk mendapat data data kapal.

Penulis : Andre

Editor   : Alfian Nur

Publish : Diyas

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password