Diduga Ilegal, Polda Sulteng Amankan 1 Ton BBM

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Satuan Brigade Mobil (Sat Brimob) Polda Sulawesi Tengah berhasil mengamankan kendaraan jenis truk merk Toyota Dyna Rino, berplat nomor Polisi DN 8613 AD, warna biru, yang mengangkut BBM jenis solar sebanyak kurang lebih 1000 liter, pada hari jumat (08/09/2017) pagi, saat melintasi Mako Brimob Polda Sulteng, di jalan RE Martadinata, Km 11, Kelurahan Mamboro Kecamatan Palu Utara, Kota Palu.

Saat melintas, merasa curiga, beberapa anggota Brimob langsung memberhentikan kendaraan tersebut, kemudian dilakukan pemeriksaan.

Hasilnya, kendaraan yang bermuatan BBM itu diduga ilegal karena tanpa disertai dokumen resmi dari instansi terkait. Sementara kendaraan beserta sopir dan pemilik BBM itu ditahan.

Dit Reskrimsus Polda Sulteng melalui Kasubdit 1 Industri dan Perdagangan, AKBP Teddy D Salawati membenarkan, bahwa adanya truk bermuatan BBM ilegal diamankan.

Menurutnya setelah diperiksa, petugas menemukan truk tersebut mengangkut BBM jenis solar dalam jeriken dan tong plastik kurang lebih 1.000 liter, atau satu ton tanpa disertai dokumen resmi.

“Truk bermuatan BBM tersebut dikemudikan oleh JH (20), yang mana BBM itu diketahui milik M (61), warga Desa Kabobona Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi,” jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, BBM jenis solar itu diperoleh dari stasiun pengisian bahan bakar umum dan rencananya dibawa ke Pantai Timur Kabupaten Parigi Moutong untuk selanjutnya dijual.

Saat ini, Reskrimsus Polda Sulteng masih menyelidiki kasus itu dengan memeriksa pihak terkait. Namun apabila terbukti BBM itu tanpa izin dan dokumen angkutan serta niaga, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2011 tentang Minyak dan Gas Bumi, pelaku terancam hukuman penjara minimal lima tahun.

Penulis      : Tim
Editor        : Umi Fadilah
Publish      : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password