Polres Mimika Sosialisasikan Saber Pungli ke Kantor Disperindag Kab. Mimika

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua – Polres Mimika. Untuk memberikan informasi kepada Skpd ataupun ASN maka Tim Saber Pungli Polres Mimika yang di pimpin langsung Waka Polres Kompo, Arnolis Korowa, SH,MH bersam tim melakukan Sosialisasi yang bertempat di Kantor Disperindag Kab. Mimika. Senin, 11 / 09 / 2017 / Siang

Kegiatan tersebut disambuat baik oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab.  Mimika Bernolpus Songbes, SE,  M. SI, bersama seluruh stafnya yang berjumlah 45 orang. Dalam pembukaan Kadis Disperindag menjelaskan bahwa memang pernah mendengar bahwa di Kab.Mimika sudah terbentuk Tim Saber Pungli namun baru kali ini tim datang untuk melaksanakan sosialisasi atau penyampaian kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada.

Waka Polres Mimika Kompol Arnolis   Korowa, SH,MH Selaku narasumber memberikan materi terhadap kegiatan Saber Pungli antara lain Dasar hukum Satgas Saber Pungli, Tugas Pokok Tim Saber Pungli,  Modus-modus Pungli yg terjadi di lapangan dan sangsi Hukum.

Sesi tanya jawab dari Kadis terkait perijinan situ-siup tidak dianggarkan dalam DPA,  namun memerlukan dana untuk membeli ATK, kemudian tahun 2017 telah dianggarkan dana ATK,  dan telah diperintahkan untuk tidak ada pungutan. Pertanyaan, Ketika pengusaha mengambil SITU SIUP, DLL ada yang memberikan uang ucapan terimakasih apakah itu pungli?  Jawaban,Terkait jika tidak ada anggaran / tidak dianggarkan di DPA, pungutan dengan alasan apapun seperti uang ATK tetap tidak diperbolehkan.   Terkait uang ucapan terimakasih termasuk ke dalam tindakan gratifikasi dimana yang memberikan dan menerima dapat diproses hukum.

Selanjutnya disosialisasikan juga penggunaan Aplikasi Amole Polres Mimika kepada seluruh ASN dan honorer Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Mimika dan diharapkan segera menginstal serta nantinya menggunakan Aplikasi Amole tersebut dapat berhubungan dengan operator yang dapat membantu tugas pelayanan Polres Mimika.

Penulis : Ardian

Editor : Alfian Nur

Publish : Frengky

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password