Coba Kelabui Petugas, Sopir Pembawa Kayu Ilegal dari Tebo ditangkap Reskrim Polsek Mestong

Tribratanews.polri.go.id, Polda Jambi – Tim Gabungan yang terdiri dari Unit Reskrim dan Unit Patroli Polsek Mestong mengamankan Sopir dan Mobil Tronton yang bermuatan Kayu ilegal, pada hari Sabtu (09/9/17) Sekitar pukul 24.00 wib, di Jalan Lintas Jambi Palembang Km. 42 Desa Sukadamai Kec. Mestong Kab. Muaro Jambi tepatnya di depan Pos Batas Perbatasan Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.

Kabid Humas Polda Jambi AKBP Kuswahyudi Tresnadi mengatakan pihaknya telah mendapatkan laporan tentang penangkapan ini, dalam informasinya dijelaskan bahwa Tim Gabungan berhasil melakukan ungkap kasus perkara Tindak Pidana Mengangkut, Menguasai atau Memiliki hasil hutan yang tidak dilengkapi bersama – sama dengan surat keterangan sahnya hasil hutan, Sebagaimana dimaksud dalam Pasal Pasal 78 jo Pasal 50 Ayat (3) huruf h Undang – undang RI Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan.

” Penindakan ini merupakan tindak lanjut dari atensi Kapolda Jambi pada saat Rakernis Reskrim tentang jalur lintas kayu illegal yang berasal dari Kabupaten Tebo,” ungkap Kabid Humas Polda Jambi, Minggu (10/9/17) saat dikonfirmasi melalui handphonenya.

Pelaku berinisial NR (47) warga Tanah Datar, Sumbar diamankan beserta barang bukti 1 (Satu) Unit Mobil Tronton Merk Hino Warna Hijau B 9861 CU dengan muatan Kayu Durian dan juga kayu hutan lain sebanyak 29 Kubik

Sebelumnya petugas mendapat Informasi bahwa akan ada sebuah Truk Tronton Merk Hino Warna Hijau B 9861 CU bermuatan Kayu yang akan melintasi Jalan Jambi Palembang Kec. Mestong Kab. Muaro Jambi.

Selanjutnya Anggota Polsek Mestong melakukan Penyisiran dan Pengejaran dan saat berada di Jln Lintas Jambi Palembang. Setelah menemukan Mobil Tronton yang membawa Kayu tersebut lalu Mobil tersebut dihentikan dan diamankan ke pos batas.

Pada saat dilakukan penggeledahan terhadap muatan, ternyata truk tersebut mengangkut Kayu Durian dan Kayu hutan lainnya bentuk Bantalan.

Ketika ditanyakan tentang dokumen kayu, Sopir berinisial NR hanya dapat menunjukkan nota angkutan Kayu Durian sebanyak 29 Kubik.

“Pelaku juga mengaku kayu ilegal tersebut berasal dari Kabupaten Tebo,” ujar Kabid Humas Polda Jambi.

Selanjutnya Sopir dan barang bukti Mobil dan muatan kayu tersebut dibawa Ke Polres Muaro Jambi guna proses lebih lanjut.

IMG-20170910-WA0004
Penulis : Lilik Adhi
Editor : Alfian
Publish : Lilik Adhi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password