Deteksi Dini Pemasalahan Nelayan, Kapolsek Kiatkan Silaturahmi

Tribratanews.polri.go.id, Polda kalbar, Polres sambas, Polsek Selakau, Untuk mempererat silaturahmi dengan kelompok masyarakat nelayan dan penampung (pembeli/penjual) ikan, Kapolsek selakau Polres sambas IPTU Ronald deny napitupulu, S.H.,M.H beserta beberapa orang Anggota Polsek Selakau mengunjungi pasar ikan di pasar Selakau Desa Parit Baru Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas, kamis (7/9 /2017) pagi, salah satu penampung yang ditemui adalah Sdr. Iskandar.

Sambil menikmati secangkir kopi di pagi hari, jelas tersirat kegiatan silaturahmi antara Kapolsek Selakau dengan tokoh masyarakat khususnya masyarakat nelayan Kecamatan Selakau. Kegiatan dimaksud adalah sebagai upaya deteksi dini terhadap kemungkinan adanya keluhan dan/atau gangguan keamanan di lingkungan masyarakat nelayan di wilayah hukum Polsek Selakau.

Monitoring yang dilakukan oleh Kapolsek Selakau beserta Anggotanya tersebut memang harus dilakukan, guna mengetahui kesiapan kelompok nelayan , mengingat bahwa Pemerinrah Republik Indonesia dalam hal ini adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menerbitkan peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2015 tentang Larangan penggunaan alat penangkapan ikan pukat hela (trawls) dan pukat tarik (siene nets) di wilayah pengelolaan perikanan Negara Republik Indonesia, serta peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 71 Tahun 2016 tentang Jalur penangkapan ikan dan penempatan alat tangkap ikan di wilayah pengelolaan perikanan Negara Republik Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Selakau melakukan penggalangan kepada kelompok masyarakat nelayan, bahwa jika para nelayan memiliki keluhan atau keberatan atas pemberlakuan dan pelaksanaan Pemen KP No 2 / 2015 dan Permen KP No 71 / 2016 tersebut, agar dalam menyampaikan aspirasinya dilakukan dengan cara yang baik dan benar melalui wadah organisasi resmi yaitu Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas, untuk selanjutnya dapat diteruskan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas dalam hal ini adalah Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sambas.

Setelah seruputan terakhir kopi yang tersedia dalam cangkir, sebelum beranjak Kapolsek Selakau beserta Anggota menyalami satu per satu nelayan yang ada di tempat itu, dengan harapan bahwa akan selalu terjalin silaturahmi dan koordinasi antara masyarakat nelayan dengan pihak Polsek Selakau.

Penulis : Riski anugrah
Editor : Alfian nunar.
Publish : Cucu Syafiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password