Bersama Toga Dan Tomas, Kapolda Jawa Timur Ajak Ciptakan Suasana Kondusif Jelang Pilkada 2018

Tribratanews.polri.go.id-Polda Jawa Timur, Jawa Timur akan menghadapi 19 proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), satu tingkat Jatim atau Pilgub dan 19 tingkat Kabupaten Kota atau Pilbub maupun Pilwali. Salah satu yang menjadi perhatian kepolisian adalah keamanan.

Kapolda Jatim  Irjen Machfud Arifin mengatakan, keamanan adalah unsur utama lancarnya proses demokrasi tersebut. Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh Tokoh Agama, turut membantu dalam rangka pengamanan Pilkada 2018 nantinya.

“Harkamtibmas bukan hanya menjadi tugas polisi, tapi semua. Saya berharap bantuan bapak bapak ini,” kata Kapolda dalam acara Silaturahmi bersama Forum Kerukunan Umat Beragama di Gedung Tribrara Mapolda Jatim, Jumat (9/9/2017).

Kapolda Jatim sengaja menghadirkan para Tokoh Agama (Toga) ini, karena menilai mereka mampu memberikan pengaruh kepada pengikutnya untuk sama sama menciptakan suasana yang aman dan kondusif di Jawa Timur.

“Kami sengaja bersilaturahmi diskusi tentang kondisi Jatim secara umum. Alhamdulilah, Jawa Timur kondusif. Banyak agenda yang akan kami lakukan dalam waktu dekat, salah satunya Pilkada,” tambahnya.

Selain itu, saat ini yang sedang hangat adalah isu internasional yang turut menggugah rasa kemanusiaan masyarakat Jatim, yakni isu Rohingnya. Kapolda mengatakan, Pemerintah telah melakukan langkah diplomatis, sehingga diharapkan masyarakat tidak melakukan tindakan kontraproduktif.

“Ada yang akan membangun rumah sakit, itu langkah nyata, tidak perlu melakukan kegiatan kontraproduktif,” tambahnya.

Sedangkan isi lokal yang sempat menerpa Jawa Timur adalah pro kontra munculnya patung yang ada di Tuban. Namun hal itu kata Kapolda sudah reda. Saat ini yang menjadi perhatian adalah ujaran kebencian melalui media sosial atau cyber dan juga penyalahgunaan narkoba.

Tampak hadir dalam silaturahmi ini antara lain, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim – KH. Abdushomad Bukhori, Kepala Kanwil Kemenag Jatim – Samsul Bahri, Ketua PW Muhammadiyah – Saad Ibrahim, Wakil Ketua PWNU dan Ketua FKUB – Sowan.

Penulis : Herry

Editor    : Alfian

Publish : Herry

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password