Ringankan Beban Warga, Polres Sidrap Berikan Bantuan Sembako kepada Korban Kebakaran

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Jajaran kepolisian terus berupaya untuk lebih dekat dengan masyarakat dan meringankan beban warganya yang tertimpa musibah. Salah satu contohnya adalah yang dilakukan jajaran Polres Sidrap.

Korps Bhayangkara yang bermarkas di Jalan Bau Massepe No 1 Kelurahan Pangkajene Kecamatan Maritengngae tersebut memberikan bantuan berupa sembako dan tali asih kepada masyarakat yang yang terkena musibah kebakaran di Desa Alesalewoe Kecamatan Panca lautang.

Pemberian tali asih dipimpin langsung Wakapolres Sidrap Kompol H. Sudarno, SH, penyerahan bantuan tersebut berlangsung di Kantor Desa Setempat, Jumat (8/9/17) Siang.

Sudarno mengatakan ini merupakan cara agar kita (polisi) lebih dekat dengan masyarakat, terutama dengan masyarakat yang terkena musibah,” ujarnya. Pemberian bantuan tersebut juga melibatkan para isteri-isteri polisi atau Ibu-ibu Bhayangkari Polres Sidrap. Ia pun bejanji akan memberikan kemudahan bagi warga dalam proses pembuatan laporan kehilangan.

“Untuk surat-surat berharga, silahkan lengkapi administrasinya, pengurusan mulai dari kelurahan dan bikin laporan di Polsek. Bikin laporan kehilangan akan dipermudah, akan dibantu dan dijembatani oleh Bhabinkamtibmas” lanjutnya

Mantan Kabag Ops Polresta Parepare tersebut juga menghimbau kepada warga untuk senantiasa waspada terhadap bencana kebakaran mengingat akhir-akhir ini angin bertiup sangat kencang.

“Terutama di kawasan padat penduduk, kita harapkan untuk waspada, pastikan listrik dan peralatan masak dalam kondisi aman saat akan meninggalkan rumah,” imbaunya.

Seperti diketahui, musibah kebakaran tersebut terjadi pada minggu (3/9/17), mengakibatkan 1 unit rumah panggung ludes rata dengan tanah. Ditanya mengenai penyebab kebakaran tersebut, Darno menyebut jajarannya masih menyelidiki. “Sampai saat ini kami masih selidiki penyebab kejadiannya, masih pemeriksaan saksi-saksi,” tutupnya.

Apa yang dilakukan oleh Wakapolres Sidrap bersama jajaran merupakan salah satu upaya yang dapat menumbuhkan empati masyarakat terhadap keberadaan Polri.

Kepedulian yang diberikan Kapolres Sidrap yang mengunjungi warganya yang terkena dampak musibah banjir bandang di Desa Dengeng-dengeng dapat meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat atas kinerja pelayanan Polri.

Meningkatnya kepercayaan masyarakat atas kinerja Polri selanjutnya akan mendorong berkembangnya dukungan dan partisipasi masyarakat dalam memelihara kamtibmas.

Keberhasilan ini juga akan ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dan pihak-pihak terkait (stakeholders) dalam pelaksanaan tugas-tugas Polri. Sehingga akan terbangun kemitraan Polri dengan berbagai pihak (partnership building). Keberhasilan Polri dalam membangun kemitraan dengan berbagai pihak merupakan manifestasi dari keberhasilan pelaksanaan Renstra Polri 2010-2014 dan Grand Strategy Polri.

Dengan terwujudnya partisipasi masyarakat dalam memelihara kamtibmas diharapkan juga memberikan kontribusi terhadap keamanan dalam negeri.

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan tanah longsor, diantaranya hujan, kondisi lereng yang terjal, tanah yang kurang padat, bebatuan yang tidak kuat, getaran, erosi atau pengikisan air.

Penulis : Rosdiana

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password