Kapolres Sanggau Hadiri Pembukaan Festival Budaya Paraje’ IX

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Kamis (6/9) 2017, sekira pukul 09.15 Wib. Sekda Kabupaten Sanggau Al Leysandri secara resmi membuka Festival Budaya Paraje’ IX, bertempat di Keraton Istana Surya Negara Sanggau, Jalan Pangeran Mas, Kelurahan Ilir Kota, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.

Hadir dalam kegiatan pembukaan tersebut Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau, H. Gusti Arman, M.Si beserta ibu, mewakili Gubernur Kalbar Drs. Cornelis, MH hadir Staf Ahli Gubernur Kalbar Bid. Hukum, Politik dan Pemerintahan, Drs. Moch Aminnudin, M.Si, Bupati Sanggau Drs. Paolus Hadi, S.IP, M.Si yang diwakili oleh Sekda Kab. Sanggau Al Leysandri dan Pangeran/Raja Nusantara dari beberapa kota di Kalbar dan Negar Malaysia serta Berunai darusalam.

Kegiatan pembukaan Festival Budaya Paradje’ Pasaka Negeri ke IX tahun 2017 tersebut turut dihadiri oleh Kapolres Sanggau, AKBP Oki Waskito, SH, S.Ik, M.Si beserta ibu, Kasubdit Wisata Pam Obvit Polda Kalbar, AKBP Jamiri, Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Herry Purwanto, S.Sos beserta ibu, Selaku Ketua Panitia Paradje IX Kadis Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kab. Sanggau, Bp. H. Ir. John Hendri, M.Si.

Turut hadir dalam kegiata tersebut Kepala BNNK Sanggau, AKBP Ngatiya SH, MH, Kajari Sanggau, Danang Suryo Wibowo, SH, Wakil Ketua Pengadilan Sanggau, I Ketut Somanasa, SH, Wakil Ketua DPRD Sanggau, Fransiskus Ason, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Kab. Sanggau.

Dalam sambutannya, Sekda Kab. Sanggau Al Leysandri menyampaikan Ia mengatakan bahwa festival budaya paraje’ yang mengangkat tema “ Tunjuk Harkat Melayu Bermartabat” ini bertujuan untuk melestarikan nilai – nilai luhur budaya. Festival inipun dikatakan Sekda menjadi potensi pariwisata yang perlu dibina dan dikembangkan karena kegiatan ini selaras dengan salah satu seven brand image Pemkab Sanggau menuju Sanggau yang berbudaya dan beriman.

Gubernur Kalbar yang diwakili Staf Ahli Gubernur Kalbar bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, M. Aminuddin menyambut baik adanya festival budaya paradje’ ini karena kaya dengan nilai – nilai budaya dan unsur religiusnya yang harus dilestarikan dan dikembangkan terus menerus. Sanggau, memiliki banyak adat dan budaya. Namun Ia menyadari budaya – budaya tersebut saat ini hampir punah dan Ia mengaku bersyukur saat ini sudah mulai dikembangkan kembali.

Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau, H. Gusti Arman dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan festival budaya paradje’ ini merupakan rangkaian dari apa yang sudah dicanangkan oleh pemerintah Kabupaten Sanggau, dalam rangka mewujudkan Sanggau berbudaya dan beriman.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres Sanggau dan bapak Dandim 1204/Sanggau, karena telah mendukung acara Festival Budaya Paraje’, dengan memberikan pengamanan terhadap jalannya acara ini, yang rencananya akan berlangsung selama empat hari mulai dari tanggal 6-9 September 2017 di Keraton Surya Negara Sanggau,” Ujar Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau itu.

Penulis : Reno Wisnu Pradana dan Denny Ardyanto
Editor : Alfian Nunar
Publis : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password