Bhabinkamtibmas Polsek Ketungau Tengah Terus Kampanyekan Pencegahan Dan Penanggulangan Karhutla

Tribtaranews.polri.go.id, Polda Kalbar – Polres Sintang, Ketungau Tengah. Kegiatan kampanye dan penyuluhan Gulkarhutla Desa Sumbersari (Kamis,7/9/17).

Kampanye serta penyuluhan pencegahan dan penanggulangan Karhutla sebagai bagian dari operasi Bina Karuna terus dilakukan di wilayah Ketungau Tengah. Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan ataupun lahan warga.

Pagi ini ( Kamis, 7/9/17) Brigadir Sahidi sebagai Bhabinkamtibmas Desa Sumbersari melaksanakan hal tersebut. Sebagai langkah Preemtif dirinya melakukan kampanye dan penyuluhan dengan menemui warga yang sedang berladang ataupun di jalan diberikan himbauan dan mengajaknya untuk berfoto memakai spanduk sebagai bentuk dukungan anti Karhutla.

Dan sebagai langkah preventif dirinya melakukan patroli keliling sambang desa untuk melihat aktifitas warganya sekaligus penyuluhan dan himbauan agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Di hubungi lewat sambungan telepon Brigadir Sahidi menjelaskan bahwa kendala kegiatannya dilapangan adalah terkadang warganya meminta solusi selain membakar untuk buka lahan. Namun dirinya tetap sabar untuk selalu memberikan pengertian mengenai efek buruk pembakaran lahan ataupun hutan dan lebih jauh menjelaskan tentang sanksi /hukuman apabila melanggarnya.

Sebuah tantangan yang tidak bisa dianggap enteng untuk merubah pola pikir serta perilaku masyarakat di pedalaman. Tetapi kalau tidak ada yang memulai dan mencoba dari hal kecil, tidak akan bisa di lakukan hal yang lebih besar di kemudian hari sebagai tujuan utama dari kegiatan pencegahan dan penanggulangan Karhutla.

Penulis : Arief S
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password