Kapolri Tekankan Kepada Semua Elemen Agar Waspada Kejahatan Cyber Yang Meng-Global

Tribratanews.polri.go.id-Polda Jawa Timur,  Berkembangnya teknologi informasi dan dunia cyber yang tidak ada batasnya, memunculkan ancaman baru terorisme global. Demikian ditegaskan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, usai menjadi keynote Speak pada seminar internasional FISIP Unair, Surabaya, Kamis (7/9/2017).

Dikatakan, saat ini tantangan keamanan berhadapan dengan jaringan atau network yang makin global dan demokratisasi, sehingga network bukan hanya satu, namun banyak network, borderless. Bahkan terdapat cyber dari darat, laut dan udara.

“Dunia cyber yang ini tanpa mengenal namanya batas negara. Nah, hal ini mengakibatkan juga kejahatan cyber bergabung dengan masalah terorisme,” ujarnya.

Terorisme, lanjut Jenderal Tito, salah satu yang muncul karena adanya tekanan kompetisi barat, kompetisi untuk memegang hegemoni. Kemudian terjadi konflik konflik termasuk konflik di dunia Islam.

“Yang akhirnya membuat ideologi ideologi ini bebas berkembang. Dan ditriger oleh konflik konflik sehingga semakin menjadi. Sehingga sekarang, dunia berhadapan dengan terorisme yang lebih global,” tegasnya.

Sementara itu, dalam seminar internasional bertema “Pembangunan dan Keamanan di Negara di Masyarakat yang Memiliki Resiko” ini, Jenderal bintang empat tersebut membahas bagaimana dampak paska perang dingin, munculnya dua fenomena demokratisasi dan globalisasi.

Dijelaskan, jika ada dampak positif dari munculnya dua fenomena ini, antara lain, perlindungan HAM yang makin menguat, hubungan antar negara makin efektif, sistem yang makin baik, dan sebagainya.

Tapi disi lain tambahnya, juga membawa dampak negatif, diantaranya kompetisi antar negara menjadi sangat keras, kemudian negara negara besar mulai berkompetisi untuk memegang hegemoni.

“Sementara negara sedang dan kecil, mereka ini cuma punya dua pilihan, berpihak atau netral,” tandas Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Penulis : Herry

Editor    : Alfian

Publish : Herry

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password