Hati-Hati !!! Daging Busuk Incar Warung Coto dan Bakso

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Direktorat Kriminal Khusus Polda Sulsel berhasil mengungkap penjualan daging busuk yang diedarkan di wilayah Kota Makassar selama ini. Untuk memberikan warning kepada masyarakat agar tidak tertipu dengan penjualan daging yang murah, Polda Sulsel menggelar press release dengan awak media siang ini di aula Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kamis (7/9).

Sample daging busuk sebagai barang bukti turut dihadirkan dalam press release yang dipimpin oleh Kabid Humas Kombes Pol. Dicky Sondani. Daging busuk ini diedarkan dipasar pasar tradisional wilayah Kota Makassar khususnya di pasar Pa’baeng baeng Makassar.

WhatsApp Image 2017-09-07 at 07.19.48

Stok daging busuk ini merupakan daging kerbau yang didapatkan dari Kabupaten Tanah Toraja.

“Polisi berharap dengan tertangkapnya para pelaku, kejahatan lainnya ataupun yang serupa tidak beredar lagi.” ucap Kabid Humas.

Sebanyak 376 kilogram daging sapi busuk berhasil diamankan oleh pihak kepolisian. Pelaku menjual daging busuk ini dengan memasang harga yang sangat murah yaitu Rp. 30.000 dibandingkan dengan harga daging normal sekitar Rp.95.000,-

Sasaran para pelaku tersebut menjualnya kepada para pedagang bakso dan coto Makassar.

Dengan dirilisnya kasus daging busuk yang digelar Direktorat Reserse Kriminal Khusus membuat kita makin berhati-hati dalam membeli daging, hendaknya para konsumen daging memeriksa betul daging yang dibeli jangan sampai daging busuk.

Kenapa? Karena daging busuk dapat menjadi tempat hidup bakteri yang disebut Listeria monocytogenes dan menyebabkan berbagai macam penyakit yang gejala awalnya seperti flu.

Bakteri tersebut dapat menyebabkan meningitis, ensefalitis, dan septikemia, serta memicu infeksi intrauterine atau leher rahim pada wanita hamil.

Menurut US Food and Drug Administration (BPOM nya amerika), bakteri pada daging busuk mungkin tidak menunjukkan gejala pada orang yang sehat.

Kelompok yang paling rentan terhadap bakteri ini adalah pasien kanker, orang tua, dan wanita hamil.

Tingkat kematian akibat penyakit Listeria monocytogenes adalah sekitar 70 persen dengan kurang dari 500 kematian per tahun di Amerika Serikat.

Untuk diketahui daging sapi busuk memiliki ciri-ciri lengket saat disentuh dan memiliki warna yang tidak menarik.

Bagaimanapun juga, mengkonsumsi daging segar akan lebih aman. Cara terbaik agar daging tetap awet adalah dengan mendinginkan pada suhu yang direkomendasikan serta segera mengkonsumsinya setelah dibeli.

Penulis : Bara

Editor   : Alfian

Publish : Apri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password