Lomba Polisi Cilik di Manado Town Square Berlangsung Meriah

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Alan Andhika Basri, siswa kelas 2 SD Negeri 8 Tondano, Minahasa ini sangat bangga dan percaya diri ketika memimpin rekan-rekannya dari pocil Minahasa melakukan 12 gerakan lalu lintas, pada acara lomba Polisi Cilik tingkat Polda Sulawesi Utara, yang dilaksanakan di halaman Manado Town Square (Mantos), Rabu (6/9/2017).

Dengan lincahnya, para polisi cilik (pocil) utusan Polres Minahasa ini memperagakan atraksi di hadapan Wakapolda Sulut Brigjen Pol Drs. Johanis Asadoma dan penonton yang memadati halaman Mantos.

Dalam rangka memperingati HUT Polisi Lalulintas ke-62, Dirketorat Lalulintas Polda Sulut menggelar lomba polisi cilik dan diikuti oleh 7 Polres yang ada di jajaran Polda Sulut. Sedangkan 2 Polres yaitu Polres Sangihe dan Talaud tidak mengrimkan utusannya.

Dalam sambutannya, Wakapolda menilai kegiatan lomba polisi cilik ini merupakan kegiatan yang sangat positif, dimana para peserta lomba telah lebih dahulu dibekali dengan pengetahuan umum lalu lintas.

“Apa yang dilakukan ini merupakan salah satu upaya merubah karakter bagi para siswa untuk menjadi pelaku-pelaku lalu lintas yang bertanggung jawab, baik untuk menjaga keamanan dan keselamatan diri sendiri maupun orang lain,” jelas Wakapolda.

IMG_7721

Beliau juga mengatakan sudah saatnya semua pemangku kepentingan bertanggung jawab atas keamanan dan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Kegiatan ini merupakan terobosan Seksi Pendidikan Masyarakat Bidang Lalulintas, dalam rangka sosialisasi pendidikan berlalu lintas kepada seluruh masyarakat pengguna jalan.

Wakapolda berpesan kepada para siswa agar semua materi lalu lintas dan segala bentuk latihan yang telah dipelajari oleh masing-masing peserta tidak hanya sekedar diketahui, tetapi dimengerti dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari- hari saat berada di jalan raya, baik sebagai pengemudi maupun sebagai pejalan kaki yang taat pada peraturan dan ketentuan berlalu lintas di jalan.

“Sopan santun dalam berlalu lintas adalah merupakan ciri khas bangsa indonesia yang harus dilaksanakan oleh setiap pengguna jalan baik sebagai pejalan kaki maupun sebagai pengemudi kendaraan bermotor,” katanya.

Siswa sebagai generasi penerus bangsa diharapkan dapat memberikan contoh tentang bagaimana berlalu lintas yang benar kepada teman-teman yang ada di sekolah masing-masing.

“Saya berpesan kepada para siswa, saat kembali ke sekolahnya, tunjukkan sifat-sifat yang baik dan benar dalam berlalu lintas, agar adik-adik tidak menjadi korban kecelakaan lalulintas, gunakan dan manfaatkan waktu sekarang ini untuk belajar mendapatkan ilmu pengetahuan yang setinggi-tingginya, agar apa yang dicita-citakan dapat terwujud, jangan sia-siakan masa mudamu dengan hal-hal yang negatif seperti minum-minuman keras, konsumsi narkoba kebut-kebutan dijalan, atau terlibat tawuran, tetapi isilah masa mudamu dengan hal-hal positif sehingga adik-adik bisa menjadi kebanggaan orang tua, harapan bangsa dan negara,” pesan Wakapolda.

Kegiatan lomba Polisi Cilik ini juga dihadiri oleh Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol Ari Subiyanto, para perwakilan Pejabat Utama Polda, para Kapolres jajaran dan owner Mantos Bapak Hengky Wijaya.

Penulis: Supri
Editor: Alfian
Publish: Roni

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password