Arahan Apel Pagi, Kapolda DIY Secara Khusus Singgung Tentang Konflik Rohingya

foto : Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., (nomor tiga dari kanan) hadir bersama Asisten Operasi Kapolri Irjen Pol Drs. M. Iriawan, Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Condro Kirono, MM., dan Wakapolda Jateng Brigjen Pol Drs. Indrajit untuk membahas potensi pergerakan massa ke Candi Borobudur, di Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng, Selasa (5/9/2017).

tribratanews.polri.go.id. -Jogja, Apel pagi Gabungan pada minggu pertama bulan September, di halaman Mapolda DIY rabu (6/9/2017). Apel gabungan ini diikuti oleh seluruh Anggota Mapolda DIY, Kapolres dan Kapolsek Jajaran, anggota Brimob dan Polair Polda DIY.

“Belakangan ini gencar diberitakan, terkait di negara Myanmar yaitu etnis Rohingnya. Ini mengundang banyak simpati dari berbagai kalangan dan berbagai negara. Alhamdulillah sikap dari pemerintah kita sudah bertemu dengan pemimpin Myanmar Aun san Su Kyi. Pemerintah (kita) sudah melakukan dialog dengan pemerintah Myanmar,” tegas Kapolda.

“Kita boleh memberikan dukungan dan simpati kita kepada warga rohingnya. Tetapi wujud tindakan tersebut jangan sampai mencederai tindakan pemerintah yang sudah dilaksanakan oleh Negara melalui kemenlu,” sambungnya lagi.

Dari hasil rapat perkembangan terakhir dengan As Ops Kapolri di Polda Jateng. Kemarin sudah jelas arahan dari Asops, Candi Borobudur bukan tempat atau salah satunya bukan tempat untuk dilaksanakan demonstrasi. Sampai kapanpun, Kepolisian tidak akan mengijinkan jika diadakan di Candi Borobudur terkait dengan aksi solidaritas Rohingnya tersebut. “Kita (polda Diy) tentunya tetap akan antisipasi, jika ada pergerakan massa mengarah kesana (Candi Borobudur).

“Candi Borobudur merupakan obyek vital nasional, tidak ada dan tidak boleh aksi unjuk rasa yang dilaksanakan disana,” ucap Kapolda dengan nada tegas. “Sosialisasikan kepada keluarga atau masyarakat semua, jika ada ajakan unjuk rasa yang digelar di candi Borobudur, itu tidak benar, sama sekali tidak benar. Karena candi borobudur adalah obyek vital nasional,” sambungnya lagi mengakhiri apel.

Penulis : Dhenny
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password