Perahu Tenggelam di Likupang Barat, Dua Penumpang Tewas

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Sebuah perahu (pajeko) bernama lambung Sola Gratia, dikabarkan tenggelam akibat dihantam gelombang air laut setinggi sekitar 3 meter di perairan Desa Serei, tepatnya di antara Pulau Lihaga dan Pulau Gangga, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Selasa (05/09/2017), sekitar pukul 16.00 WITA.

Perahu tersebut bertolak dari Pelabuhan Munte, sekitar pukul 15.00 WITA, menuju Desa Gangga Satu, di Pulau Gangga. Perahu berkekuatan 2 mesin 40 PK ini, dinahkodai oleh Yoseph Pantulu beserta 2 ABK dan 10 penumpang (tukang bangunan, seluruhnya warga Woloan Kota Tomohon), bermuatan bahan material bangunan berupa 8 kubik kayu balok dan 4 kubik papan.

Delapan penumpang beserta 2 ABK dan nahkoda berhasil ditolong oleh perahu Long Beach, yang dinahkodai Roli Salindeho. Sementara 2 penumpang lainnya, Didi Ngala (45) dan Refli Tulung (56), terseret arus.

pajeko-1

Sekitar satu jam setelah kejadian, Didi Ngala ditemukan dalam keadaan tewas oleh nelayan Desa Gangga, di perairan antara Pulau Lihaga dan Pulau Gangga. Korban lalu dievakuasi ke Puskesmas Mubune Likupang Barat.

Kapolres Minut, AKBP Alfaris Pattiwael melalui Kasubbag Humas, AKP Alex Watugigir, membenarkan adanya kejadian tersebut. “Pihak Polres Minut dan jajaran kemudian berkoordinasi dengan Bakamla dan Tim SAR untuk melakukan pencarian terhadap Refli Tulung,” ujarnya.

Refli Tulung akhirnya juga ditemukan dalam keadaan tewas oleh tim gabungan Polairud Polda Sulut dan SAR dibantu nelayan setempat, Rabu (06/09) pagi, di perairan antara Pulau Lihaga dan Pulau Gangga. Korban kemudian dibawa ke Puskesmas Mubune Likupang Barat.

Pihak keluarga korban, lanjut Kasubbag Humas, menolak untuk dilakukan otopsi dengan menandatangani surat pernyataan penolakan. “Penyebab pasti tenggelamnya perahu masih dalam penyelidikan lebih lanjut,” tandasnya.

Penulis: Indra
Editor: Alfian
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password