Kasat Sabhara Polres Maros : Polisi Itu Bekerja Harus Profesional dan Proporsional

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kasat Sabhara Polres Maros AKP Abdullah Arifin mengatakan bahwa Seorang Polisi harus bekerja secara profesional, proporsional dan akuntabel. Pernyataan itu disampaikannya saat pelaksanaan Apel Pagi Personil Polres Maros, Rabu (6/9/17) di halaman Mapolres Maros.

Ia menyampaikan bahwa pelaksanaan tugas Polisi hendaknya dilaksanakan secara Profesional, apakah dia bertugas di fungsi opsnal maupun fungsi pembinaan. Terangnya.

Keprofesionalan seorang aparat Polri kiranya betul-betul diberdayakan, hal ini seirama dengan pesatnya perkembangan tekhnologi, sehingga aparat Polisi yang dibutuhkan yang paham akan tugas dan tanggungjawab yang diembangnya.

AKP Abdullah mengimbau kepada semua pihak untuk bisa mengimplementasikan Keprofesionalan Dalam pelaksanaan tugas-tugas Kepolisian.

Lanjut ditambahkan AKP Abdullah, Menurutnya, selain Profesional, Proporsionalpun juga harus dilaksanakan. Sebagai contoh bentuk Proporsional dalam melaksanakan tugas dengan adanya pelaku demonstran yang akan menyampaikan aspirasi dengan damai dan tertib yang hanya berjumlah Puluhan orang.

Menyikapi itu, kita selaku aparat Polri wajib melaksanakan keseimbangan tugas dengan mengawal para demonstran tersebut dengan tangan kosong tanpa alat atau senjata. Hal ini merupakan bentuk proporsional keseimbangan dalam pelaksanaan tugas. Terangnya.

Ditambahkannya pula, selain 2 unsur antara Profesional dan Proporsional sudah berjalan dan dimiliki oleh Insan Polri maka sebagai unsur terakhir yang juga wajib dilaksanakan yakni dengan pelaksanaan tugas yang akuntabel yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Hal itu selama tidak bertentangan dengan kedua hal tersebut, di mana pertanggung jawaban ini menyangkut sumber / inputnya, proses yang dilakukan dan juga hasil / output yang di dapatkan.

Sesuatu yang bersifat akuntabel selalu bisa dipertanyakan dan dipersalahkan serta ada konsekuensinya.

“Sehingga, keputusan yang diambil benar-benar memiliki akuntabilitas publik dan tidak menimbulkan syak wasangka,” ucap Abdullah.

Apa yang disampaikan Kasat Sabhara Polres Maros seiring dengan misi Kepolisian Republik Indonesia diantaranya :

1.Melaksanakan deteksi dini dan peringatan dini melalui kegiatan/operasi penyelidikan, pengamanan dan penggalangan;

2.Memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan secara mudah, responsif dan tidak diskriminatif;

3.Menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas untuk menjamin keselamatan dan kelancaran arus orang dan barang;

4.Menjamin keberhasilan penanggulangan gangguan keamanan dalam negeri;

5.Mengembangkan perpolisian masyarakat yang berbasis pada masyarakat patuh hukum;

6.Menegakkan hukum secara profesional, objektif, proporsional, transparan dan akuntabel untuk menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan;

7.Mengelola secara profesional, transparan, akuntabel dan modern seluruh sumber daya Polri guna mendukung operasional tugas Polri;

8.Membangun sistem sinergi polisional interdepartemen dan lembaga internasional
maupun komponen masyarakat dalam rangka membangun kemitraan dan jejaring kerja (partnership building/networking).

Penulis : Harmeno

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password