Karo Ops Polda Sulbar Buka Pelatihan Teknik Sistem monitoring Karhutla dengan menggunakan aplikasi komputer (IT) dan Penyelidikan / Penyidikan TP Karhutla (Preemtif, Preventif dan Penegakan Hukum)

tribratanews.polri.go.id – Polda sulbar, Kepala Biro Operasional Polda Sulbar Kombes Pol Yohanes Soeharmanto, SH, Sik dan Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Pol Wisnu Andayana, S.S.T.M.K membuka Pelatihan Teknik Sistem Monitoring Karhutla dengan menggunakan aplikasi komputer (IT) dan Penyelidikan / Penyidikan TP Karhutla (Preemtif, Preventif dan Penegakan Hukum) di Aula Mapolda Sulbar. Rabu (06/08/17) pukul 08.00 Wita.

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Para Kabag BinOps Dit Sabhara dan Binmas, Para Kabag Ops Polres Jajaran beserta Staf, Para Kasat Reskrim dan Staf.

Dalam amanatnya Karo Ops menyampaikan bahwa Provinsi Sulbar banyak memiliki titik rawan kebakaran hutan dan lahan, baik lahan milik masyarakat maupun milik perusahaan, Oleh karena itu sebelum kejadian terjadi yang dimana kejadian tersebut berawal dari munculnya titik api pada suatu tempat kita harus segera merespon, salah satunya dengan melakukan pamantauan atau monitoring secara cepat dan tepat yaitu dengan menggunakan teknologi.

Kita ketahui kementerian kehutanan telah memiliki suatu sistem monitoring kebakaran hutan yang dinamakan “sipongi”, suatu aplikasi yang menyajikan informasi titik panas (Hotspot) harian beserta atributnya, berupa lokasi koordinat dan lokasi administrasi (nama provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa) dari satelit lapan, noaa18 dan terra/aqua modis.

Satelit yang telah digunakan oleh kementerian kehutanan juga akan digunakan polri untuk melakukan pemantauan titik api yang berpotensi akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan yaitu melalui aplikasi “Arc Gis”, dimana sistem aplikasi mapping titik api berbasis android ini, bila terdapat titik api karhutla, Command Centre polda akan mengirimkan Koordinat melalui HP Android ke Command Centre Polres lalu ke Polsek dan diteruskan ke Bhabinkamtibmas  untuk melakukan pengecekan ada atau tidaknya kebakaran dan dilaporkan.

Dan apabila ditemukan titik api Bhabinkamtibmas akan mengirimkan titik Koordinat & foto Hotspot secara berjenjang dari Polsek ke Command Centre Polres lalu ke Command Centre  polda sehingga polda akan menurunkan Satgas Karhutla untuk memadamkan kebakaran Hutan dan Lahan.

Selain dari terobosan menggunakan teknologi, kita pun harus melakukan penanggulangan bahaya kebakaran hutan dan lahan melalui upaya preemtif antara lain : secara rutin memberikan himbauan dan sosialisasi bahaya kebakaran hutan dan lahan serta mendorong pembuatan sekat kanal pada lokasi rawan kebakaran hutan dan lahan.

Penulis  : Wirad

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password