Tunaikan Hak Sesama Muslim, Personel Polsek Rappocini Jenguk Warga yang Sakit

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Panit 1 Binmas Polsek Rappocini Ipda Basri bersama Bhabinkamtibmas Kel. Karunrung Brigpol Kasman mengunjungi salah seorang warga di Jl.Emysaelan III yang menderita penyakit strok. Selasa (5/9/17).

Selain sebagai bentuk kepedulian, ini sekaligus untuk mempererat tali silaturahmi supaya hubungan baik terus terjalin. Ipda Basri juga mendoakan agar warganya diberikan kesembuhan sehingga dapat menjalankan aktifitas sehari-hari seperti biasa.

“Kehadiran saya ini dengan tujuan agar masyarakat merasa diperhatikan dan bahagia meskipun dalam kondisi kurang sehat. Hal ini menunjukkan bahwa Polisi peduli dengan masyarakat,” ujarnya.

Kunjungan Unit Binmas yang dipimpin Ipda Basri mendapat respon positif dari warga dan tokoh masyarakat.

Diakhir kunjungan, Ipda Basri menyampaikan salam dari Kapolsek Rappocini memberikan cendramata kepada penderita struk.

Mengunjungi dan menjenguk orang sakit merupakan kewajiban setiap muslim, terutama orang yang memiliki hubungan dengan dirinya, seperti kerabat dekat, tetangga, saudara yang senasab, sahabat dan lain sebagainya.

Menjenguk orang sakit termasuk amal shalih yang paling utama yang dapat mendekatkan kita kepada Allah Ta’ala, kepada ampunan, rahmat dan Surga-Nya.

Mengunjungi orang sakit merupakan perbuatan mulia, dan terdapat keutamaan yang agung, serta pahala yang sangat besar, dan merupakan salah satu hak setiap muslim terhadap muslim lainnya.

Rasulullah shallallahu alahi wassallam bersabda:

“Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Terakhir, hendaknya orang yang membesuk mendoakan orang yang sakit:

“Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, Insya Alloh.” (HR. al-Bukhari).

Atau doa:

“Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, agar menyembuhkan penyakitmu.” (HR. at-Tirmidzi, dan Abu Daud)

Penulis : Abu Uwais

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password