Warga Amuntai Resahkan Ajaran Agama Kiai Harum, Ini Upaya Polres Hulu Sungai Utara

Tribratanews.polri.go.id, Polres HSU – Masyarakat Desa Cempaka, Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara, resah melihat keberadaan Ajaran M. Asri (Panya Uwan) alias Kyai Harum di lingkungan desa sekitar. Warga menduga ajaran Kiai Harum bertentangan dengan Agama Islam.

Resah atas ajaran itu, warga menyampaikan ganjalan hatinya saat rapat penanganan masalah dan Bahtsul Masail yang dilaksanakan oleh Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Kabupaten HSU di aula Kantor Departemen Agama Kabupaten HSU, Selasa (5/9/2017). Warga berharap MUI dan instansi terkait mengecek ajaran Kyai Harum karena dikhawatirkan menyesatkan.

Rapat dihadiri oleh Ketua MUI Kabupaten HSU, M. Said Masrawan; Kasat Intelkam Polres HSU Iptu Cece Sudrajat, Ketua MUI Kecamatan se-Kabupaten HSU, Penjabat Kepala Kemenag Kabupaten HSU, alim ulama dan perwakilan tokoh agama.

Ketua MUI Hulu Sungai Utara, Said Masrawan, mengatakan segera memanggil M. Asri atau Kiai Harum untuk mengklarifikasi keresahan warga. “Apabila tidak datang maka tim dari MUI akan mendatangi rumah M. Asri bersama para alim ulama dan instansi terkait untuk klarifikasi,” ujar Said.

Adapun Kasat Intelkam Polres HSU, Iptu Cece Sudrajat, mengatakan segera mengambil langkah antisipasi mencegah potensi rusuh di Desa Cempaka.

“Memang rawan konflik karena permasalahan ini membawa aliran agama, tapi jelas kita tepat mengawasi situasi dimasyarakat untuk tetap menjaga situasi agar kondusif,” ucap Iptu Cece Sudrajat.

Penulis : Alam Saktiswara

Editor   : Alfian

Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password