HUT Polwan ke 69, Kompol Eta Dimara dan Kompol Dorthea Ansanai Lakukan Siaran Kamtimbas

Tribratanews.polri.go.id.- Polda Papua.- Pada hari Rabu tanggal 05 Februari 2017 Pukul 09.30 s/d 11.30 Wit, Bertempat di Stasiun TV Lokal (Jaya TV) Jayapura Kompleks PTC Entrop Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura, telah dilaksanakan siaran kamtibmas dalam acara Kabar Papua Pagi dengan dua narasumber yakni Kasubbag Lak Jarlat SPN Jayapura Kompol Eta Dimara tema “Profesi Polisi Bagi Wanita (Polwan Sebagai Promoter) dan Kasubbag Diapers Biro SDM Polda Papua Kompol Dorthea Ansanai Tema “Polwan Yang Berprestasi”, yang diwawancarai oleh Presenter Jaya TV Vanny Janggo.

Dalam dialog tersebut Kasubbag Lak Jarlat SPN Jayapura Kompol Eta Dimara menyampaikan tentang riwayat serta pengalamannya selama bertugas menjadi Polisi Wanita (Polwan) di Polda Papua, beliau menjadi Polisi Wanita sejak tahun 1985/1986, dan dilantik menjadi Sersan di tahun 1987, penempatan pertama yakni di Unit Lalu Lintas (Lantas) selama 4 (Empat) tahun, Unit Intelijen selama 1 (Satu) tahun, Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA).

Selama bertugas Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kompol Eta Dimara mendapatkan banyak pengalaman menangani kasus kekerasaan terhadap perempuan dan anak. Kompol Eta Dimara bertugas di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) selama 6 tahun, setiap pekerjaan atau perintah dilaksanakannya dengan tekun dan penuh rasa tanggungjawab.

polwan poldaa

Di akhir dialog Kompol Eta Dimara berpesan kepada wanita Papua yang ingin menjadi seorang Polisi Wanita (Polwan), majulah terus pantang mundur dan jadilah orang yang bijaksana sehingga menjadi orang yang disayang oleh masyarakat.

Sementara itu Kompol Dorthea Ansanai dalam dialognya menyampaikan bahwa selain dipercaya menjabat sebagai Kasubbag Diapers Biro SDM Polda Papua yang menangani tentang penerimaan atau seleksi anggota Polri, Kompol Dorthea Ansanai mempunyai segudang prestasi dalam bidang olahraga.

Salah satu olahraga yang ditekuni Kompol Dorthea Ansanai dan menghasilkan prestasi yakni olahraga Judo, dalam olahraga Judo tersebut Kompol Dorthea Ansanai berhasil meraih prestasi di kejuaraan Judo Kapolda Cup, Ibu Asuh Cup dan mewakili Polda Papua dalam kejuaraan Judo Kapolri Cup serta kejuaraan yang diselenggarakan oleh Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI).

Pada tahun 1991 Kompol Dorthea Ansanai sempat mengikuti Training Centre (TC) jangka panjang selama 3 tahun dan tinggal di padepokan Judo Bhayangkara.

Di akhir dialog Kompol Dorthea Ansanai berpesan kepada wanita yang berminat menjadi Polwan, dalam meraih cita-cita tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan, melainkan kita harus berusaha dan bekerja keras. Selain itu siapkan diri, fisik dan mental dalam mengikuti seleksi menjadi anggota Polri (Polwan).

Penulis : Irwan

Editor : Alfian

Publish : Vickhy Merani

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password