Pembinaan dan Pelatihan Linmas Desa Gayung Bersambut

Tribratanews.polri.go.id.polda kalbar.polres sambas.polsek selakau.

Bhabinkamtibmas Polsek Selakau berikan pembinaan dan pelatihan linmas Desa Gayung Bersambut Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas yang dilaksanakan pada hari Selasa 05 September 2017. Dengan diikuti 8 anggota linmas yang bertempat di halaman balai Desa Gayung Bersambut dan dihadiri Kepala Desa Gayung Bersambut Bapak Jaini beserta Kepala Dusun dan perangkat desa.

Kepala Desa Gayung Bersambut menyampaikan pada sambutannya ” Saya sangat mendukung adanya peran aktif Bhabinkamtibmas Desa Gayung Bersambut Polsek Selakau dalam pelatihan ini, karena bisa meningkatkan kedisiplinan anggota linmas. Satuan linmas, Rt / Rw dan Kepala Dusun sebagai benteng di lingkup Desa. Linmas sebagai penyangga pemerintahan Desa harus tanggap dengan dinamika masyarakat yg berkembang beserta ancaman – ancaman gangguan kamtibmas di lingkup Desa ” jelas Kepala Desa.

Kegiatan pembinaan dan pelatihan ini dalam rangka mengembangkan potensi satuan linmas tingkat Desa melalui program pelatihan dari bhabinkamtibmas dengan memberikan pembinaan kesadaran hukum kepada satuan linmas. Anggota linmas mempunyai gambaran dan mengetahui gerakan PBB dan PPM dengan benar, sehingga anggota linmas khususnya Desa Gayung Bersambut dan Desa Semelagi Besar akan terbentuk karakter disiplin yang tinggi, karena linmas adalah garda terdepan di Desa, suatu Desa akan tampak baik jika linmasnya desa tersebut juga baik. Bhabinkamtibmas juga menghimbau kepada satuan linmas sebagai pelindung masyarakat agar berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan di tingkat Desa serta mempunyai kepekaan terhadap lingkungan sekitar Desa.

Kapolsek Selakau mengapresiasi untuk satuan linmas, tugas linmas sebagai pelayan, pelindung, pengayom masyarakat di tingkat Desa juga dalam penanggulangan bencana alam. Seperti yang tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2014.

“Agar terjalin hubungan komunikasi yang harmonis antara pihak Kepolisian Sektor Selakau dengan seluruh anggota linmas, kami mengharapkan dengan keberadaan linmas di setiap Desa dapat membantu tugas – tugas Kepolisian dalam melakukan deteksi dini terutama antisipasi keberadaan pelaku kejahatan yang kemungkinan mereka berada dan bertempat tinggal di wilayah Kecamatan Selakau, ” ujar Kapolsek Selakau Iptu Ronald Deny Napitupulu, S.H.,M.H.

Bhabinkamtibmas juga memberikan pemahaman kepada satuan linmas harus Proxy Warning, yang artinya tanggap terhadap ancaman berbasis teknologi dan ancaman terorisme. Satuan linmas sebagai pelindung masyarakat harus berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan di tingkat Desa, dan juga satuan linmas mempunyai kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Brigpol Albert H S Bhabinkamtibmas Desa Gayung Bersambut juga menghimbau dengan kebersamaan antara aparat Pemerintah TNI-POLRI dan masyarakat akan tercipta suatu keamanan yg baik dan kondusif sehingga masyarakat dapat hidup nyaman dan damai dalam kehidupan sehari-hari. Lebih lanjut Bhabinkamtibmas menyampaikan masalah narkoba dan diharapkan kepada seluruh warga masyarakat jangan sampai ada yg menggunakan narkoba dari bentuk apa pun dan khususnya anggota linmas.

Pada akhir kata Brigpol Albert H S menambahkan khususnya anggota linmas agar waspada terhadap warga baru atau pendatang, guna mengantisipasi berkembangnya jaringan teroris yang masuk, dengan mengadakan tamu wajib lapor mulai dari tingkat Rt / Rw.

Penulis : Brigpol Albert H S
Editor : Alfian nurnas.
Publis : Cucu Syafiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password