Bripka Sabas Sosok Polisi Hebat dan Murah Senyum

Tribratanews.polri.go.id.polda kalbar.polres sambas.polsek selakau.
Brigadir Kepala Sabas putra asli daerah Kec. Selakau Kab. Sambas yang lahir 56 tahun yang lalu sudah setengah abad lebih usianya namun masih berdedikasi tinggi terhadap tugas yang di emban dan diamanahkam negara untuknya. Tak mudah menjadi seorang Sabas, berlatar dari keluarga sederhana pria lulusan Prajurit Pk tahun 80,an ini sudah lebih 3 dekade mengabdikan diri kepada korp coklat abu-abu ini.

Tak seindah merangkai kata maupun se-enak manisnya gula-gula, kisahnya menjadi seorang Polisi kala dulu penuh cerita dan kenangan. Jabatan Ka SPK Regu III Polsek Selakau adalah tugas yang harus di emban beliau setiap harinya, pagi siang dan malam harus selalu siap untuk melayani masyarakat.

Pada sebuah cerita lebih kurang tahun 90an saat akan berdinaa Bripka Sabas pernah mengayuh sepeda engkolnya kala itu dimulai dari rumah Kec. Selakau menuju Kanror Polsek Tujuh Belas ( Kec. Singkawang Selatan ) untuk betugas setiap harinya. Sebelum matahari terbit dari timur suasana masih gelap ( subuh ) Sabas sudah menuju tempat tugasmya. ” Kalau Hujan di bantai hujan, kalo panas di bantai panas, mun ndak remok badan kalu,ung meroyan ” tutur Sabas bercanda.

Pria pada awal karirnya tergabung di Brigad Mobile Pasukan Khusus Polisi ini ( Brimob ) tak ada yang menyangka sosoknya begitu enak di pandang karena beliau selalu ramah dan murah senyum melayani masyatakat. Bahasa daerah kental melayu Sambas kadang digunakan untuk melayani tamu yang lapor baik kehilangan barang maupun kriminal. Bahasa inilah yang nenurut Sabas menjadikannya mudah dikenal oleh masyarakat baik dikalangan tokoh masyarakat, buruh pasar, tukang ojek hingga ibu-ibu.

Panggilan manja dan sayang terhadap beliau sering terdengar, cukup di panggil Pak Andah hampir semua orang di Kec. Selakau tahu sosok polisi pria berbadan tegap, hebat, murah senyum dan tampan pada masanya tersebut.

Bripka Sabas selama ini saya kenal sebagai sosok orang tua, kami segan sama beliau karena pembawaannya yang tenang, mudah bergaul dan bisa mengendalikan emosi. Menurut saya Bripka Sabas sosok Polisi hebat karena sampai detik ini sangat disiplin dalam menjalankan tugas, tidak kendor semangatnya dalam berdinas kadang disitulah kami yang muda malu sama beliau pungkas Rio anggota Polsek Selakau.

Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat adalah penting, namun lebih penting lagi bagaimana menjaga nama baik Korp Kepolisian di mata masyarakat, maka dari diri sendirilah kita berbuat. Tirulah senior yang baik jangan ambil negatifnya, jadikan motivasi kita untuk bekerja lebih baik dan giat lagi kedepannya harap Kapolsek Selakau Iptu Ronald Deny Napitupulu, S.H.,M.H.

Penulis : Rio Castella
Editor : Umi Fadilah
Publis : Cucu Syafiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password