Semifinal Lomba Cerdas Cermat dan Pidato Polwan Polda Bali

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Meskipun peringatan Hari Jadi Polwan ke-69 tahun 2017 sudah lewat, namun rangkaian kegiatannya masih terus berjalan. Sebanyak 45 Polwan perwakilan dari seluruh Satker (satuan kerja) dan Polres jajaran Polda Bali mengikuti lomba cerdas cermat di Halaman Belakang Mapolda Bali, Senin (4/9).

Pelaksanaan lomba cerdas cermat dibagi menjadi tiga sesi dan setiap sesi diikuti lima regu. Pada babak pertama, setiap regu wajib menjawab lima pertanyaan. Sedangkan di babak kedua, seluruh peserta lomba akan menjawab 10 soal rebutan yang dibacakan dewan juri. Peserta yang mampu menjawab dengan benar, maka akan mendapatkan nilai 100.

Pada babak semifinal ini, sembilan perwira menengah Polda Bali dilibatkan sebagai dewan juri. Lomba disaksikan langsung Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si., Karo Ops Polda Bali Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya dan Pakor Polwan AKBP I Gusti Ayu Sasih, S.H

Saat dikonfirmasi, AKBP I Gusti Ayu Sasih, S.H. mengatakan, lomba cerdas cermat merupakan tindak lanjut dari perintah Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose. Tujuannya adalah untuk mencerdaskan kualitas seluruh Polwan Polda Bali, sesuai dengan visi dan misi Polri yaitu Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya).

“Adanya lomba ini, para Polwan termotivasi untuk belajar lagi. Mungkin kalau tidak ada lomba, Polwan akan cuek dan tidak mau belajar lagi tentang fungsi teknis kepolisian seperti Reserse dan Lalu Lintas,” ucap mantan Kasetum Polda Bali ini.

Perwira melati dua yang ramah dan tegas ini mengaku, lomba untuk para Polwan akan terus dilakukan, tidak hanya pada Hari Jadi Polwan saja. Berkelanjutan, tetapi kegiatannya dikemas dengan cara berbeda. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan Kelompencapir, yang nantinya akan membahas tentang kasus Lakalantas, seperti tabrak lari. Hingga kegiatan berakhir, panitia lomba menetapkan empat regu yang melaju ke babak final.

Di tempat terpisah, juga berlangsung babak semifinal lomba pidato yang diikuti oleh 12 Polwan. Dari 12 orang tersebut, tiga diantaranya perwakilan Polda Bali dan sembilan orang lagi, perwakilan dari jajaran Polres. Mereka berpidato dihadapan tiga dewan juri, dengan menampilkan kemampuan berbicara dan pengetahuan yang dimilikinya.

Hasil penilaian dewan juri berdasarkan kesesuaian tema, judul, isi, sistematika, penyampaian materi atau pengucapan, tata bahasa dan penampilan, maka panitia memutuskan lima pemenang dalam semifinal lomba pidato ini. Kelima orang tersebut, diantaranya Ni Putu Nadya, Yuliana Lomi, A.A Irma, Dwi Pradnyani dan Dewa Ayu Sinta.

Pelaksanaan final untuk lomba cerdas cermat dan pidato, akan digelar secara bersamaan. Rencananya Kapolda, Irwasda, Direktur Reskrimum dan Kabidkum Polda Bali akan menjadi dewan juri saat babak final yang digelar di Kompas TV pada Senin (11/9) nanti.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : I Putu Adnyana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password