Klarifikasi Saran dan Keluhan Masyarakat, Kompolnas Kunjungi Mapolda Sulsel

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan kedatangan 3 orang anggota Komisi Kepolisian Nasional (kompolnas) dan staf pendamping, Rabu (04/09/17) pagi.

Kedatangan anggota Kompolnas tersebut diterima langsung oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono didampingi Irwasda Polda Sulsel Kombes Pol Lukas Arry Dwiko dan Kabid Propam Polda Sulsel Kombes Pol Tri Atmojo di ruang Kerja Kapolda Sulsel.

Adapun Tim Kompolnas yang datang yakni Irjen Pol (Purn) Yotje Mende, Akbp Joko Purwanto dan Hery Sudrajat.

Kunjungan Tim Kompolnas ini terkait Klarifikasi Saran dan Keluhan Masyarakat dan terkait kasus yang ditangani oleh jajaran Polda Sulsel

Usai silaturahmi dengan Kapolda Sulsel, rombongan Tim Kompolnas didampingi Irwasda Polda Sulsel dan Kabid Propam Polda Sulsel langsung melakukan rencana kegiatan awal.

“Polda Sulsel siap membantu kompolnas dalam menyelesaikan laporan dan masalah yang terkait dengan Polda Sulsel,” kata Kapolda Sulsel di sela sela silaturahmi.

Komisi Kepolisian Nasional atau disingkat KOMPOLNAS adalah sebuah lembaga kepolisian nasional di Indonesia yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab pada Presiden Republik Indonesia.

Lembaga ini dibentuk berdasarkan Perpres No. 17 tahun 2011 yang dikeluarkan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Lembaga ini bertugas untuk membantu Presiden dalam menetapkan arah kebijakan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan memberikan pertimbangan kepada Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri.

Sebagai lembaga negara, Kompolnas mendapatkan pembiayaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kompolnas bekerja dengan mengumpulkan dan menganalisis data sebagai bahan pemberian saran kepada Presiden. Saran yang diberikan oleh Kompolnas berkaitan dengan anggaran Polri, pengembangan sumber daya Polri dan pengembangan sarana dan prasarana Polri, dalam upaya mewujudkan Polri yang profesional dan mandiri.

Kompolnas juga menerima saran dan keluhan masyarakat mengenai kinerja kepolisian untuk diteruskan kepada kepada Presiden. Keluhan yang diterima Kompolnas adalah pengaduan masyarakat yang menyangkut penyalahgunaan wewenang, dugaan korupsi, pelayanan yang buruk, perlakuan diskriminasi dan penggunaan diskresi kepolisian yang keliru.

Pengumpulan data dan keluhan masyarakat ini dilakukan melalui jalur media komunikasi elektronik, terutama internet di mana masyarakat dapat berkomunikasi langsung dengan staf Kompolnas yang sedang aktif di situs www.kompolnas.go.id/hubungi-kami

Penulis : Rosdiana

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password