Polres Trenggalek dan Esensi Peringatan Hari Raya Kurban

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek, Hari ini, Seluruh umat muslim di dunia merayakan hari raya Idul Adha atau biasa juga disebut Hari Raya Kurban. Tak terkecuali Polres Trenggalek yang menggelar ibadah salat Idul Adha di Masjid Baitul Muttaqin lingkungan Mapolres Trenggalek, Jum`at (01/09).

Nampak hadir diantara jamaah Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si, pejabat utama Polres Trenggalek, Ketua Cabang Bhayangkari Trenggalek Ny. Selvi Donny Adityawarman beserta pengurus serta seluruh personel yang beragama Islam. Sedangkan bertindak selaku imam dan khotib Salat Id adalah KH. Imam Nahrowi yang menyampaikan tentang sejarah hari raya Idul Adha serta esensi dari berkurban itu sendiri.

Panitia telah menyiapkan sedikitnya 6 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang merupakan sumbangan dari internal anggota Kepolisian diantaranya, 1 ekor sapi bantuan Kapolda Jatim, 1 ekor sapi dari Kapolres Trenggalek, 1 ekor sapi dari Wakapolres, 1 ekor sapi dari Satlantas, 2 ekor sapi dari Kapolsek jajaran. Sedangkan 4 ekor kambing merupakan bantuan dari Kabagops, Kasat Intelkam, Kasat Sabhara dan Kasat Resnarkoba.

Tidak semua hewan kurban tersebut disembelih di Mapolres. Dua ekor sapi diserahkan kepada Masjid Agung Baiturrohman dan Masjid At Taqwa. Tiga ekor kambing diserahkan kepada SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek, Lapas Trenggalek dan Pertuni (Persatuan Tuna Netra Indonesia). Hewan kurban diserahkan langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si dan Ketua Cabang Bhayangkari Trenggalek Ny. Selvi Donny Adityawarman. Sedangkan sisanya dikelola langsung oleh panitia kurban Polres Trenggalek untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dikonfirmasi usai menyaksikan penyembelihan kurban di pelataran parkir Mapolres, Kapolres Trenggalek menyatakan, pihaknya sengaja menggelar ibadah Salat Id di Mapolres Trenggalek. Selain sebagai media silaturahmi antar sesama anggota dan keluarga, juga mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar Mapolres. Dengan begitu akan terjadi komunikasi timbal balik antara anggota Polri dengan masyarakat.

“Bagi yang tidak bertugas, hadir bersama keluarganya. Berbaur langsung dengan masyarakat yang juga ikut salat Id disini. Sekaligus menyaksikan penyembelihan hewan kurban dan membantu membagikan kepada masyarakat. Ini murni dari sumbangan dari internal kepolisian untuk masyarakat” ujar AKBP Donny.

Pembagian daging kurban sendiri dilaksanakan menggunakan sistem kupon yang sebelumnya telah dibagikan oleh para Bhabinkamtibmas hingga pelosok desa. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat Bhabinkamtibmas dinilai paling memahami tentang kondisi warga di desa binaannya sehingga pembagian daging kurban benar-benar tepat sasaran.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nur
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password