Pelajar Dominasi Kecelakaan Lalu Lintas, Polisi Terus Lakukan Sosialisasi Di Sekolah

Tribratanews.polri.go.id – Polres Kediri Kota, Satuan Lalu Lintas Polres Kediri Kota menyebutkan kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada 2016 didominasi pelajar. Penyebabnya, selain dari segi usia belum mencukupi, mereka juga belum mampu mengontrol mental dan psikologis saat berkendara.

AKP Mohammad Amirul Hakim, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kediri Kota mengatakan pihaknya sudah banyak melakukan upaya untuk mencegah jatuhnya korban kecelakaan dari kalangan pelajar. Mulai dari upaya persuasif berupa sosialisasi ke sekolah – sekolah hingga tindakan represif berupa penilangan terhadap pelajar yang melanggar aturan lalu lintas.

Amirul juga mengingatkan agar orang tua berperan aktif mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas dengan terus mengawasi dan mengingatkan putra – putrinya.  “Dan yang paling penting pengawasan dari orang tua sendiri,  karena pihak yang paling dekat dengan anak yakni orang tua sendiri,” ungkap Amirul.

Amirul menambahkan, untuk daerah rawan kecelakaan di Kota Kediri sendiri dianggap semua rata. Kecelakaan rata-rata bukan dari segi lokasinya akan tetapi dari sisi manusianya. “Dari padatnya kendaraan tersebut mungkin mereka ingin buru-buru, mendahului atau melanggar rambu lalu lintas. Kembali lagi pada SDM nya. Upayanya sedikit demi sedikit untuk merubahnya, tidak serta merta bisa merubah semuanya. Itu termasuk tantangan dari Satuan Lalu Lintas, karena yang ditangani juga tidak hanya fokus satu saja,” pungkas Amirul. DIDIK (Res Kdr Kota)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password