Wakapolda Bali Hadiri Pembukaan Rakornas XIII KMHDI

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali,  Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si. menghadiri pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) XIII Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), bertempat di Gedung Lantai II Ksirarnawa Art Center Denpasar Timur, Kamis (31/8). Rakornas ini akan berlangsung selama 5 hari dengan mengusung tema “Teguhkan Ideologi Bangsa Untuk Indonesia Berdaulat”.

Ketua Panitia Pelaksana Rakornas XIII KMHDI I Wayan Suartika, S.Ag., M.Ag. mengatakan, Rakornas ini diikuti oleh 13 Pimpinan Daerah, 27 Pimpinan Cabang dan 6 Sekretariat dari 20 Provinsi. Digelarnya Rakornas ini adalah untuk melaksanakan rapat koordinasi sekaligus konsolidasi internal dan penentuan tuan rumah Mahasabha ke-XI. “Dengan kegiatan ini, diharapkan generasi muda bisa melek dari perkembangan global dengan memberikan solusi tentang apa yang terjadi,” harapnya.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Wiranto, S.H. mengatakan, saat ini Indonesia mengalami ancaman alam atau semesta. Maka, penanganannyapun bukan hanya oleh militer saja, tetapi ini merupakan tanggung jawab bersama. Setiap elemen bangsa harus bisa menempatkan dan memiliki kesadaran bela negara untuk menghadapi setiap ancaman.

Ideologi Pancasila mempersatukan Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan budaya. Sehingga perlu ditanamkan kembali kepada rakyat Indonesia tentang pengamalan Pancasila. Untuk itu, pemerintah membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP). “Pancasila harus dihafal, dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan,” ucap Menkopolhukam RI.

Usai memberikan sambutan, Menkopolhukam RI Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Wiranto, S.H. didampingi Wakil Gubernur Bali, Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan Presidium KMHDI, membuka secara resmi Rakornas XIII KMHDI ditandai dengan pemukulan gong. Kemudian, dilanjutkan dengan penanda tanganan Deklarasi Mahasiswa Hindu Untuk Pancasila oleh Menkopolhukam RI dan Presidium KMHDI.

Acara juga diisi dengan pengucapan Pancasila dan Asta Prasetya Brahma Carya, pembacaan weda wakya dan penampilan tari barong sebagai simbol kemenangan Dharma melawan Adharma.

Penulis : Komang Arya

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password