Polisi Ungkap Tindak Penipuan Berkedok Arisan Online

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Menjanjikan keuntungan berlipat ganda membuat sebagian orang menjadi lupa kesadaran, ini seperti halnya bisnis arisan online yang dilakoni oleh IR (21) warga banjarbaru ini.

Dengan  iming – iming keuntungan besar hanya bermodal 4 juta rupiah dapat berkembang menjadi 7 juta rupiah membuat MW (23) warga kelurahan Paringin Kota Rt 05 kecamatan Paringin kabupaten Balangan ini tergiur untuk terjun dalam bisnis tersebut.

Gelagat adanya penipuan oleh IR terendus oleh korban MW saat tanggal dan waktu yang telah ditentukan pelaku untuk membayar tidak kunjung membayar dan mengembalikan uang korban.

Penipuan ini berawal Pada Bulan desember 2016, korban diajak oleh pelaku untuk ikut arisan online yang mana cara kerjanya apabila korban membeli 1 slot arisan dengan nominal 4 juta rupiah dan dalam waktu 1 Bulan akan dibayar sebesar 7 juta rupiah dengan cara transfer, sampai dengan juni 2017 korban telah membeli slot arisan hingga Rp.139.700.000,- akan tetapi pada saat tanggal dan waktu yg ditentukan pelaku tidak juga membayar dan mengembalikan uang korban, kemudian korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Paringin.

Atas dasar Laporan Polisi oleh MW pada tanggal 25 Agustus 2017, Reskrim Polres Balangan menetapkan IR sebagai terduga pelaku tindak pidana penipuan atau penggelapan sebagaimana rumusan pasal 372 jo 378 KUHPidana dengan didukung barang bukti 18 lembar rekening koran, 3 lembar bukti transfer dan 16 lembar foto capture percakapan kontak BBM.

Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, S.iK melalui Kasat Reskrim AKP Dany Sulistiono, S.Sos, M.M membenarkan kejadian ini, ” Laporan yang dilayangkan oleh korban sudah ditangani dan terduga pelaku IR memenuhi unsur telah melakukan tindak pidana penipuan atau penggelapan,” ungkapnya.

“Penetapan ini telah melalui proses gelar perkara di Polres Balangan,” tambahnya.

Penulis : Lois Adi

Editor   : Alfian

Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password