Jangan Ditinggal Saat Memasak Jika tak Ingin Seperti ini

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek, Kobaran api melalap sebuah rumah milik Jamiran yang terletak di Jl. Patimura Gang Menur Surodakan Trenggalek. Kebarakan tersebut meluluhlantakkan bagian dapur rumahnya dan menyisakan bangunan tembok sedangkan atap rumah habis terbakar. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun diperkirakan korban mengalami kerugian jutaan rupiah, Rabu (30/08).

Menurut keterangan beberapa warga yang dihimpun tim redaksi, jam 8 pagi Jamiran sedang memasak air minum dalam jumlah besar menggunakan panci secara bergantian. Sementara kompor yang digunakan adalah sejenis tungku api berbahan bakar kayu. Menjelang siang hari, Jamiran menjalankan ibadah salat dhuhur di masjid dekat rumahnya. Sedangkan tungku api dibiarkan menyala. Kemudian sekira pukul 12.30 WIB, warga sekitar melihat api sudah membesar yang berasal dari rumah korban.

Jajaran Polres Trenggalek yang mendengar informasi tersebut melalui pesawat HT segera berkoordinasi dengan pemadam kebakaran Pemkab Trenggalek untuk membantu memadamkan api. Setidaknya dibutuhkan waktu 1 jam hingga api bisa dipadamkan. Keberhasilan tersebut tak lepas dari peran masyarakat sekitar yang bekerjasama dengan aparat terkait sehingga api bisa segera dipadamkan.

Iptu Suyono, seorang perwira polisi Polres Trenggalek yang berada di lokasi menuturkan, kemungkinan api berasal dari tungku yang memang masih menyala, sedangkan pemilik rumah tidak mengawasinya.

“Kemungkinan besar berasal dari tungku yang berada di dapur. Lebih lengkapnya nanti menunggu hasil oleh TKP” ujar Iptu Suyono.

Sementara itu, anggota Polisi lainnya yakni Iptu Suwanan yang juga berada di lokasi mengatakan, kesigapan masyarakat dalam melaporkan dan ikut turun tangan sangat membantu dalam menangani kejadian tersebut.

“Masyarakat sekitar sangat peduli dan sigap membantu, sehingga api bisa dipadamkan dengan cepat” ucapnya.

Atas kejadian tersebut, Iptu Suwanan menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati khususnya bagi warga yang masih menggunakan tungku berbahan bakar kayu. Tanpa disadari, seringkali api cepat menyebar kemana-mana apalagi jika banyak bahan mudah terbakar di dekat tungku seperti plastik, kertas dan lain-lain.

“Ya, lebih berhati-hati saja. Jangan ditinggal” pesannya.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nur
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password