Direktorat Sabhara Polda Bali Ajak Siswa SD, Tertib Lalu Lintas dan Jauhi Narkoba

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Sembari melaksanakan patroli di wilayah hukum Polda Bali, tiga personel Direktorat Sabhara Polda Bali yang dipimpin langsung Kanit I Sie Turjawali, AKP Dewa Tagel Wijasa S.H. berinisiatif melaksanakan sosialisasi ke SD Negeri 22 Dauh Puri, Jalan Mataram, Niti Praja Lumintang, Denpasar, Selasa (29/8) sekitar pukul 09.30 Wita.

Kadatangan polisi berseragam ini, diterima Wakil Kepala Sekolah SD Negeri 22 Dauh Puri. Pada kesempatan tersebut, AKP Dewa Tagel Wijasa S.H. mengutarakan maksud dan tujuan kedatangannya adalah untuk memberikan sosialisasi tentang narkoba dan lalu lintas secara dini kepada para para siswa.

Niat dan maksud tersebut di terima dengan baik oleh pihak sekolah. Hal ini terbukti dari respon para guru yang langsung mengumpulkan siswa kelas 4, 5 dan 6 yang berjumlah sekitar 150 orang di Aula SD Negeri 22 Dauh Puri.

Dihadapan para siswa, AKP Dewa Tagel Wijasa S.H. menyampaikan materi tentang tertib berlalu lintas dan bahaya narkoba. Para siswa diminta, setiap menaiki kendaraan di jalan raya agar selalu berhati-hati, memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dan tidak kebut-kebutan. Selain itu, kelengkapan dalam berkendara juga harus diperhatikan seperti memakai helm, memiliki SIM dan membawa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

“Adik-adik jika menyeberang jalan, ingat harus lewat zebra cross dan toleh kiri kanan. Jangan langsung lari memotong jalan, tapi lihat kendaraan yang akan melintas. Kalau sudah sepi baru menyeberang,” pesan AKP Dewa Tagel Wijasa S.H.

Tidak hanya itu, para siswa juga diberikan edukasi tentang bahaya narkoba, jenis-jenis narkoba, dampak penggunaan narkoba dan sanksi yang diberikan bila terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Dampak dari mengkonsumsi narkoba akan berpengaruh bagi generasi penerus bangsa. Para siswa harus kuat membentengi diri agar tidak terjerumus dalam dunia narkoba. Caranya adalah rajin sembahyang, belajar dan tidak bergaul dengan teman yang kehidupannya tidak jelas.

“Adik-adik adalah calon pemimpin bangsa, untuk itu jangan sekali-sekali mencoba narkoba. Berprestasilah tanpa menggunakan narkoba,” ucapnya.

Sementara dari pihak sekolah mengaku merasa senang atas kehadiran petugas kepolisian ini. Diharapkan kegiatan seperti ini, dapat terus dilakukan. Selain untuk mendekatkan polisi dengan anak-anak, para siswa juga akan lebih disiplin.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : I Putu Adnyana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password