Bhabinkamtibmas asal Sangihe ini Naungi 5 Kampung di Manganitu

bhabinkamtimas sangihe

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Pelaksanaan kegiatan pelatihan pemeliharaan dan peningkatan kemampuan di bidang komunikasi efektif Program 1 Quick Wins Polri, di Hotel Peninsula Manado, Selasa (29/8/2017) mendapat sambutan luar biasa dari salah satu peserta asal Sangihe.

Brigadir Hans Budiman, personil Polri yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Manganitu Polres Sangihe ini merasa senang bisa menjadi salah satu peserta, di acara yang digagas oleh Direktorat Binmas (Pembinaan Masyarakat) Polda Sulut.

“Saya mengucapkan terima kasih, dengan adanya kegiatan pelatihan seperti ini bisa menambah wawasan dan menjadi bekal saya ketika bertugas di lapangan nanti sebagai Bhabinkamtibmas,” ujarnya disela-sela pelatihan.

Brigadir Hans berharap, dari Dinas terus memperhatikan para Bhabinkamtibmas, apalagi yang bertugas di daerah kepulauan, dan diperbanyak lagi program-program pelatihan seperti ini. “Kami dari wilayah sangat membutuhkan pelatihan seperti ini, ini adalah ilmu,” ujar suami tercinta dari Pendeta Fransiska Budiman Kansil yang juga bertugas di wilayah Manganitu.

Pelatihan ini dikuti oleh 110 orang, 89 diantaranya merupakan Bhabinkamtibmas yang tersebar di seluruh wilayah jajaran Polda Sulut.

Brigadir Hans Budiman sendiri sudah 3 tahun bertugas di Polsek Manganitu Polres Sangihe sebagai Bhabinkamtibmas, sebelumnya dia pernah bertugas di Polda Sulut dan Polres Satal (sekarang Polres Sangihe) bagian kesehatan.

“Saya bersyukur bisa menjadi bagian dari keluarga besar Polri dan keluarga saya selalu mensuport tugas-tugas yang saya laksanakan. Saya juga berharap kerja sama seluruh lapisan masyarakat dalam mendukung dan memahami tugas-tugas Bhabinkamtibmas di lapangan,” ujarnya.

Sebagai seorang Bhabinkamtibmas, dirinya sering melakukan sambang ke kampung-kampung, door to door menyampaikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat.

“Kalau ada permasalahan sekecil apapun tolong disampaikan kepada Bhabinkamtibmas sebagai aparat keamanan yang ada di kampung, tetapi kadang-kadang masyarakat lupa atau belum terbiasa, sehingga nanti kaget kalau permasalahan itu sudah melebar,” pesannya.

Dirinya juga sering memberikan pesan kepada masyarakat agar jangan berhenti untuk berbuat dan berbuat baik. “Jangan tanyakan apa yang saya akan dapatkan ketika saya sudah berbuat, ketika sudah berbuat, maka dengan sendirinya kita akan rasakan dampak positifnya,” katanya.

Dirinya juga mengaku selama ini sering berkoordinasi dengan Pemerintah Kampung, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. “Semoga kedepan masyarakat akan lebih paham lagi dengan kehadiran Bhabinkamtbmas yang ada di kampung,” tandasnya.

Penulis: Supri
Editor: Alfian
Publish: Supri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password